8.1 C
New York
Monday, October 28, 2024

JPM Simalungun Siap Membumikan Pancasila

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Masyarakat Kabupaten Simalungun yang tergabung dalam Jejaring Panca Mandala (JPM) mendeklarasikan diri untuk bergotong royong membumikan Pancasila di Gedung MUI, Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Rabu (23/10/24).

Ketua JPM Kabupaten Simalungun, Corry Purba mengatakan mengatakan sehubungan dengan kegiatan JPM Simalungun kedepan tentu hal pertama akan dilakukan adalah memetakan dulu permasalahan yang ada di Kabupaten Simalungun terkait dengan pembinaan ideologi Pancasila.

“Apa yang telah kita dapatkan dalam pembekalan pembinaan ideologi Pancasila, dari sila pertama hingga sila kelima akan kita sosialisasikan kembali ke masyarakat terkait dengan isu–isu yang sedang berkembang akan kita cari dan sampaikan solusinya,” jelasnya Kepada Rabu (23/10/24).

Baca juga: Bupati Simalungun Kukuhkan Pengurus JPM Habonaron Do Bona dan FKUB Kabupaten Simalungun

Dia juga menuturkan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah setempat dan instansi lainnya untuk membumikan Pancasila.

Menurut Corry, pemahaman masyarakat terhadap Pancasila harus diterapkan kembali dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Sementara itu, Plt Bupati Simalungun, Zonny Waldi yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol, Arifin Nainggolan manambahkan sosialisasi mengenai ideologi pancasila harus masif dilakukan di semua lapisan masyarakat.

“Kita akan kembali mengajak misalnya dunia usaha, seperti umkm, anak muda, dan lainnya yang ada di Kabupaten Simalungun untuk kembali mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam menjalani kehidupan sehari-hari agar rasa gotong- royong, saling menghormati antara satu dengan yang lain dapat semakin tumbuh, salam Pancasila,” pungkasnya. (abdi/hm20)

Related Articles

Latest Articles