7.8 C
New York
Sunday, October 27, 2024

BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Tapsel Pastikan Penyelenggara Pemilu Dilindungi

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Guna memastikan penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) dilindungi Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek), pihak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel).

Naskah nota kesepakatan tentang optimalisasi peningkatan Universal Jamsostek Coverage (UJC) itu ditandatangani oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan, Eris Aprianto dan Plt Bupati Tapanuli Selatan, Rasyid Assaf Dongoran MSi, pada Selasa (22/10/24).

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Kantor Bupati Tapsel itu, dirangkai dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang pemahaman program Jamsostek, serta membahas perlindungan Jamsostek bagi penyelenggara Pemilu dalam Pilkada Serentak Tahun  Tahun 2024 di Tapanuli Selatan.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan dan FIF Group Peringati Harpelnas

Sesuai surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.5.7/4295/SJ, Gubernur serta Bupati dan Walikota diperintahkan untuk berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang berada di wilayahnya masing-masing agar mendaftarkan penyelenggara Pilkada serentak tahun 2024 sebagai peserta aktif program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) di BPJS Ketenagakerjaan.

Usai menandatangani Nota Kesepakatan BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Tapsel. (f:ist/mistar)

Plt Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran mengatakan, perlindungan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan bagi setiap pekerja, baik yang ada dilingkungan Pemkab Tapsel, maupun dilingkungan penyelenggara Pemilu sangat penting mengingat risiko kecelakaan kerja dan kematian tidak bisa di prediksi, untuk itulah dibutuhkan Jamsostek.

“Kami menyadari betapa pentingnya perlindungan jaminan sosial bagi setiap warga atau masyarakat terkhusus di wilayah tapanuli selatan. Melalui FGD ini telah dilakukan nota kesepakatan akan program BPJS Ketenagakerjaan. Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan akan berusaha mengoptimalkan hal-hal yang diperlukan dalam penyelenggaraan program ini. Seluruh OPD juga telah hadir, kita akan bahas lebih lanjut,” ucap Rasyid.

Related Articles

Latest Articles