9.8 C
New York
Monday, October 28, 2024

Menteri P2MI Akan Perkuat Fungsi Atase Ketenagakerjaan

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P2MI)/Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Abdul Kadir Karding, akan memperkuat fungsi Atase Ketenagakerjaan (Atnaker).

Pada penempatan Arnaker di luar negeri nanti, sangat diharapkan kerja sama G to G (Government to Government). Demikian disampaikan Abdul, di Kantor BP2MI, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2024).

Atnaker itu, kata Abdul, memiliki fungsi yang strategis, seperti harus mampu promosi dan membangun kerja sama dengan negara atau perusahaan dunia.

“Kalau Filipina itu kan tanda tangan langsung, mereka tanda tangan. Mereka mewakili kita di sana, mereka tanda tangan. Sehingga job order jelas kita paham,” katanya dilansir media detik.

Bukan itu saja, Abdul bilang, seorang Atnaker juga harus memahami hukum internasional, serta harus memiliki kemampuan diplomasi.

“Jadi gini, jangan melihat advokasi terhadap buruh migran itu berdiri sendiri, dia harus punya jaringan dengan ILO, organisasi-organisasi internasional, pers setempat. Sehingga kalau dia tidak mampu sendiri dia pakai viral, model viral,” cecarnya.

Karding mengatakan layanan pekerja migran dan layanan kehumasan juga akan ditingkatkan. Dia mengaku akan menerapkan strategi pemviralan.

“Di Indonesia kan gitu, kalau hukum nggak boleh, nggak bisa, diviralkan dulu baru hukum masuk. Nah ini kita mau pakai cara cara begini. Oleh karena itu, humas kita harus kuat,” tuturnya.

Selain itu, kata Abdul, media itu jangan hanya seremoni, model pejabat yang dulu, seremoni pasang iklan di media seperti di billboard.

“Udahlah, nggak usah begitu. Habiskan untuk medsos yang bagus-bagus aja. Upgrade anak-anak content creator yang memahami soal Kementerian kita ini, itu kalau mau bagus,” ungkap Abdul yang berjalan akan melakukan upgrade untuk penyesuaian. (dtc/hm27)

Related Articles

Latest Articles