7.8 C
New York
Sunday, October 27, 2024

Penerapan Core Values Diharapkan jadi Landasan ASN Sibolga Melakukan Perubahan

Sibolga, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Sekdakot) menggelar Sosialisasi Internalisasi Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) Berakhlak di lingkungan Pemko Sibolga, Selasa (22/10/2024) di Aula Nusantara 1 Kantor Wali Kota Sibolga.

Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan saat membuka acara tersebut dalam arahannya menekankan pentingnya internalisasi Core Values (nilai dasar) ASN yang berakhlak. Core Values ini terdiri dari tujuh prinsip utama yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

“Bahwa penerapan Core Values ASN diharapkan dapat menjadi landasan bagi ASN Sibolga untuk melakukan perubahan yang lebih baik, serta menjadi titik penguatan ASN baik di tingkat pusat maupun daerah,” sebut Jamaluddin.

Ia mengatakan, realisasi program Pemko Sibolga hingga triwulan II mencapai 41,43 persen. Dengan capaian ini, perlu meningkatkan kesadaran, pemahaman, serta implementasi budaya kerja ASN, termasuk perubahan mindset dalam menjalankan tugas.

Baca juga: Sejumlah Angkot di Sibolga Cek Kelayakan

“Saya mengajak seluruh ASN untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik, transparan, dan bermartabat melalui implementasi Core Values ASN ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi, Susana Oktariana Megaria Sibuea dalam laporannya menjelaskan, bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memastikan seluruh ASN di lingkungan Pemko Sibolga memahami dan menjadikan Core Values sebagai pedoman perilaku dalam menjalankan tugas melayani masyarakat.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat komitmen ASN di lingkungan Pemko Sibolga dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan Core Values ASN Berakhlak, sehingga tercipta pelayanan publik yang lebih berkualitas,” jelasnya.

Baca juga: Bawaslu Ingatkan ASN Pemko Sibolga Jaga Netralitas

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh beberapa narasumber diantaranya Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sibolga Juneidi Tanjung yang membahas peran pimpinan dalam penguatan budaya kerja.

Kemudian, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Sibolga Marudut Situmorang menyampaikan materi terkait disiplin ASN, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Josua Hutapea, membahas birokrasi yang melayani. (feliks/hm25)

Related Articles

Latest Articles