8.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Kebakaran 8 Rumah di Asuhan Siantar Berasal dari Kayu Bakar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kebakaran di Jalan Sejahtera, Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur yang terjadi Selasa (22/10/24) akhirnya dapat dipadamkan setelah satu jam berlangsung. Peristiwa itu menghanguskan 8 rumah warga.

Dari keterangan warga, A. Sinaga kebakaran berasal dari rumah bermarga Hutajulu. Penghuni disebut meninggalkan bekas kayu bakar masakan ternak.

“Rumah ditinggalkan dalam kondisi pintu terbuka. Orang tuanya pergi melayat, anaknya keluar sebentar tadi,” kata Sinaga.

Warga lainnya, kata Sinaga, melihat gumpalan asap yang keluar dari celah atap seng rumah. Sontak mereka berteriak minta tolong, sekaligus memberitahu ke para tetangga.

Baca juga: Dinas Pemadam Kebakaran Siantar Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Puluhan warga kemudian berinisiatif menyelamatkan barang-barang dari 8 rumah tersebut. Namun, karena terhalang gumpalan asap hitam, hanya beberapa yang bisa diselamatkan.

“Panik tadi semua. Pemilik rumah yang terbakar kami amankan terlebih dahulu. Takutnya pingsan karena trauma,” debutnya.

Petugas pemadam kebakaran dari Pemko Pematangsiantar dan PT STTC segera tiba di lokasi. Dibantu warga, api segera dipadamkan. Namun, galaknya api tak mampu dihalau dan menghabisi seluruh rumah.

Kebakaran melanda sejumlah rumah di Jalan Sejahtera Siantar
Kebakaran melanda sejumlah rumah di Jalan Sejahtera Siantar, Selasa (22/10/24). (f: gideon/mistar)

“Takutnya, makin merembet ke rumah yang lain karena berdempetan bangunan-bangunan di sini,” ucapnya.

Saat ini sejumlah petugas tengah melakukan pendingin. Sementara pemerintah setempat mendata sembari memintai keterangan para pemilik rumah. (gideon/hm20)

Related Articles

Latest Articles