13.5 C
New York
Sunday, October 27, 2024

Sejumlah Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Jakarta, MISTAR.ID

Ternyata biji buah pepaya dapat dikonsumsi dan banyak yang tak tahu selama ini.

Serupa seperti daging buahnya, bijinya ternyata aman dimakan. Kandungan serat biji pepaya berguna dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol tubuh. Bahkan mampu menurunkan resiko terserang penyakit jantung, stroke, diabetes, dan obesitas.

Dirangkum dari Genpi.co, pada Selasa (22/10/24) ini 5 manfaat biji pepaya:

Baca juga:Jaga Kesehatan Usus untuk Kulit Lebih Sehat

1. Berlimpah antioksidan

Sesuai riset di jurnal Molecules (2017) jika biji pepaya memiliki mikronutrien esensial yang dilengkapi dengan polifenol dan flavonoid. Keduanya adalah senyawa fitokimia alami dalam tanaman yang berfungsi menjadi antioksidan.

Wajib diketahui antioksidan berguna untuk melawan serta menangkal radikal bebas pemicu penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain.

2. Menangani keracunan makanan

Salah satu kegunaan mengkonsumsi biji pepaya bisa membantu menyembuhkan keracunan makanan.

Baca juga:Ini Manfaat Ubi Cilembu Bagi Kesehatan Tubuh

Berdasarkan Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry (2017), ekstrak yang terdiri dari biji pepaya mampu membantu membunuh beberapa bakteri penyebab keracunan makanan. Bakteri itu contohnya E.coli, Salmonella, Staphylococus, dan beberapa infeksi bakteri lainnya.

3. Menangkal infeksi jamur

Studi pada Indian journal of pharmaceutical sciences mendeteksi jika manfaat biji pepaya bisa menangkal infeksi jamur. Riset itu menemukan bahwa ekstrak biji pepaya efektif melawan 3 jenis jamur, yaitu A. flavus, C. albicans, and P. Citrinium.

4. Mengurangi kolesterol

Kegunaan mengkonsumsi biji pepaya juga dapat menurunkan kadar kolesterol di darah. Ini karena biji pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat. Manfaat kandungan minyak biji pepaya juga tercatat dalam sebuah penelitian lama dari Journal of Food Lipids (2005).

Baca juga:Makanan Ultra Proses Picu 32 Masalah Kesehatan

Penelitian itu mengungkapkan diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL), masing-masing sebesar 19 persen dan 22 persen bagi penderita diabetes.

5. Membendung serangan kanker

Manfaat lain mengkonsumsi biji pepaya bisa menangkal tubuh dari serbuan sel-sel kanker. Riset yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer (2014) menampilkan faedah biji pepaya tersebut. Ekstrak biji pepaya menyokong menyusutkan peradangan dan melindungi dari perkembangan kanker.

Eksperimen lain juga mendapati bahwa biji pepaya hitam berpeluang menurunkan perkembangan sel kanker prostat. (jpnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles