8.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Perkuat Budaya Lewat Pondok dan Pentas Literasi di Pasar Kamu

Deliserdang, MISTAR.ID

Banyak cara untuk meningkatkan produksi dan daya tarik pengunjung bagi usaha kuliner. Mulai dari pelayanan, penyajian cita rasa makanan, hingga dekorasi ruang dan penampilan. Ini semata untuk memanjakan pengunjung dan mempertahankannya sehingga betah menikmati kuliner.

Demikianlah yang dilakukan Universitas Darmawangsa dalam mendorong Industri Rumah Tangga dan Usaha Mikro (IRT-UM) di Pasar Kamu, Desa Denai Lama, Pantai Labu, Deliserdang.

Pasar Kamu merupakan usaha kuliner warga berbasis budaya ini merupakan pasar tradisional dengan menjual berbagai jenis makanan tradisional. Konsep budaya jawa di Desa Denai Lama ini, kini mampu menghadirkan pengunjung dari berbagai daerah hingga menjadi objek wisata.

Baca juga: Sekdis Perkimtan Deli Serdang Akui Anggaran Minim untuk Masjid Agung Lubuk Pakam

Universitas Darmawangsa sendiri memberikan pendampingan dalam mendorong literasi wisata menuju kuliner yang ramah anak.

“Dengan memberikan pondok dan panggung literasi diharapkan giat seni budaya semakin meningkat dan memberikan wadah pengetahuan yang luas bagi pengunjung khususnya anak anak terhadap budaya,” ujar Rektor Universitas Dharmawangsa Dr. Zamakhsyari Bin Hasballah Taib kepada direktur Eksekutif Pasar Kamu Dedy Sofyan, Minggu (20/10/24).

Zamakhsyari mengatakan Dharmawangsa pernah melakukan pengabdian dalam literasi kuliner di Pasar Kamu pada tahun 2021, untuk kedua kalinya kembali hadir dengan kegiatan yang berbeda yang di ketuai Umar Hamdan, Dewi Wahyuni dan M Arif Rahman sebagai anggota Tim, dan Al Firah pendiri Almira Library sebagai mitra pendukung beserta empat orang mahasiswa yang ikut terlibat dalam kegiatan Pengabdian.

Baca juga: TPI Pantai Labu Dinilai Jorok, Dinas Perikanan Ajak Gotong Royong

“Harapannya pondok dan panggung literasi ini mampu bermanfaat dan memaksimalkan fungsi keberadaan Pasar Kamu sebagai tempat wisata kuliner bagi para pengunjung. Dimana pengunjung terhibur dengan adanya pelestarian musik tradisional, pikiran dan tubuh pun terisi dengan hidangan dan ilmu,” tambahnya.

Dedi Sofyan sebagai Founder Pasar Kamu mengapresiasi pemberian Panggung Literasi Seni dan Budaya serta Pondok Literasi Multifungsi. Bantuan ini baginya dapat menambah daya tarik pengunjung ke Pasar Kamu.

Panggung ini dapat digunakan sebagai event budaya dan keberadaan pondok literasi multifungsi dapat digunakan baik sebagai tempat beribadah maupun untuk perpustakaan dan meningkatkan tujuan Pasar Kamu sebagai destinasi wisata kuliner tradisional. (ril/hm25)

Related Articles

Latest Articles