14.4 C
New York
Monday, October 21, 2024

Wakil Bupati Labusel Singgung Soal Ketahanan Pangan

Labusel, MISTAR.ID

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) Ahmad Padli Tanjung menyinggung pentingnya ketahanan pangan untuk mendukung pertahanan keamanan.

“Ketahanan pangan juga sangat penting. Bukan hanya sebagai komoditi ekonomi, pangan merupakan komoditi yang memiliki fungsi sosial politik, baik nasional maupun global. Jadi, ketahanan pangan mempunyai pengaruh yang penting terhadap keamanan,” ucap Ahmad Padli dalam apel gabungan, Senin (21/10/24).

Ahmad mengatakan, Pemkab Labusel melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, telah memberikan bantuan kepada kelompok tani, berupa hansprayer dari provinsi.

“Ada pula bantuan dari kementerian pertanian berupa pompa air, traktor roda 2. Pembangunan jalan produksi, usaha tani, jalan pintu air, dam parit, yang bersumber dari dana dak dan APBD tahun anggaran 2024,” jelasnya.

Baca juga: Hari Jadi Ke-16, Pemkab Labusel Adakan Pameran Pembangunan

Sedangkan di bidang peternakan, tersedia pelayanan kesehatan hewan untuk mengantisipasi wabah penyakit hewan menular yang sering terjadi di kalangan masyarakat.

“Sebut saja penyuntikan vaksin rabies pada anjing, penyuntikan vaksin PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) dan vaksin LSD pada sapi. Bidang peternakan juga melakukan monitoring ke lima kecamatan guna mencegah penyakit hewan unggas maupun hewan ruminansia,” jelasnya.

Meski begitu, dinas terkait bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (oel/hm20)

Related Articles

Latest Articles