13.7 C
New York
Sunday, October 20, 2024

Sambut Aquabike Jetski World Championship 2024, Pemkab Simalungun Bakal Gelar Side Event

Simalungun, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Simalungun Muhammad Fikri Damanik, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun yang berada di Kawasan Danau Toba untuk meramaikan event Internasional Aquabike Jetski Championship 2024.

“Ayo sama-sama kita ramaikan, event sebesar ini karena akan banyak event menarik yang digelar di luar perhelatan Aquabike Jetski World Championship,” kata Fikri Damanik, Minggu (20/10/24).

Untuk diketahui, Kabupaten Simalungun menjadi tuan rumah dalam perhelatan adu kecepatan di air dan mencatatkan sejarah baru di Danau Toba, menjadi arena balap jetski untuk kedua kalinya yang digelar di empat kabupaten termasuk Simalungun.

Lanjut Fikri lagi, sebelum acara puncak perhelatan Aquabike Jetski Championship di tanggal 15 November 2024, di perairan kawasan Wisma Bahari. Event akan dimeriahkan dengan beberapa acara sampingan (side event) yang luar biasa, seperti pertunjukan musik dan produk UMKM.

Baca juga: Sambut Aquabike di Parapat, Warga Diminta Jaga Keramahtamahan

“Bagi pengusaha lokal, persiapkan dengan baik produknya. Untuk perhotelan agar dipersiapakan atau layanan yang baik. Kegiatan kita untuk meramaikan Aquabike Jetski World Championship dari tanggal 13 Novemver 2024,” ujarnya lagi.

Sementara itu, adapun tuan rumah Aquabike Jet Ski World Championship 2024 Danau Toba digelar sejak pada tanggal 13 hingga 17 November 2024 mendatang di Kabupaten Karo, Dairi, Simalungun, dan Samosir.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan menyampaikan bahwa, proses persiapan Aquabike World Jetski Lake Toba 2024 telah dimulai sejak bulan September lalu, dengan fokus pada penyiapan hibah daerah dan persiapan kebutuhan teknis.

“Tahapan selanjutnya meliputi koordinasi teknis di lapangan dan puncaknya adalah pelaksanaan event pada bulan November,” ujar Menko Marvest.

Menko Marvest optimistis bahwa event ini akan kembali menarik perhatian dunia dan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Danau Toba.

“Aquabike World Jetski telah terbukti mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah. Kami berharap event tahun ini akan lebih sukses lagi dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Danau Toba,”ujarnya.

Menurut Menko Marvest, sebagai salah satu event internasional yang rutin digelar di Danau Toba, Aquabike World Jetski telah terbukti mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

“Pada tahun sebelumnya, event serupa berhasil menghasilkan nilai valuasi media sebesar €18.709.656 dan memberikan perputaran ekonomi sebesar Rp 165 miliar,” jelas Menko Marvest. (hamzah/hm20)

Related Articles

Latest Articles