11.8 C
New York
Saturday, October 19, 2024

KPU Sumut Tetapkan Tema Debat Publik Perdana Pilgub 2024, ini 9 Panelisnya

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) sudah menetapkan panelis dan tema debat publik pertama dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut 2024.

Sebelumnya, KPU Sumut sudah menetapkan bahwa debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilgub Sumut akan berlangsung sebanyak 3 kali.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Sumut, Robby Effendy mengatakan, tema dan sejumlah panelis pada debat publik pertama telah di tetapkan.

“Tema debat publik pertama di Pilgub Sumut sudah kita tetapkan dan melibatkan 9 panelis. Nantinya debat pertama akan berlangsung di Hotel Grand Mercure, Rabu (30/10/24) mendatang,” katanya kepada mistar, Sabtu (19/10/24).

Baca juga: KPU Sumut Masih Godok Tema Debat Publik Pilgub Sumut 2024

Lebih lanjut, adapun tema debat publik pertama yang diangkat KPU Sumut mengenai Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Sosial.

“Tema dan subtema untuk debat pertama Pilgub Sumut sudah kita rancang,” ungkapnya.

Tema tersebut, kata Robby, nantinya akan dibagi menjadi dua subtema, pertama ‘Pelayanan Publik’ dan kedua ‘Kesejahteraan Sosial’ yang sudah ditetapkan bahwa kedua subtema itu akan terbagi masing-masing menjadi tiga poin.

Robby mengatakan bahwa tiga poin isu dalam subtema Pelayanan Publik yaitu pelayanan kesehatan seperti ketersediaan dokter di daerah dan fasilitas kesehatan hingga digitalisasi pelayanan kesehatan.

“Lalu pelayanan pendidikan meliputi pemetaan angkat partisipasi pendidikan, pendidikan inklusi, digitalisasi dalam pendidikan, ketersediaan guru di tingkat daerah. Kemudian optimalisasi pelayanan administrasi birokrasi meliputi digitalisasi dan efisiensi, pengawasan, isu KKN/pungli, good government,” bebernya.

Baca juga: KPU Sumut Tetapkan 4 Lokasi Kampanye Pilgubsu 2024, Cek Tempatnya

Selanjutnya, tiga poin isu dalam subtema Kesejahteraan Masyarakat yaitu pengentasan kemiskinan terdiri dari disparitas/kesenjangan antar wilayah, lapangan pekerjaan, pemberdayaan masyarakat desa/kota, gelandangan/pengemis.

“Setelah itu mengenai problematika sosial dan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial yang meliputi narkotika, geng motor/begal, judi online. Lalu dampak digitalisasi terhadap masyarakat meliputi penguatan sektor informal, pemberdayaan ekonomi UMKM, pemutusan hubungan kerja,” rincinya.

Selain itu, nama-nama panelis dalam debat pertama sudah ditetapkan KPU Sumut yang berasal dari kalangan profesional, akademi dan tokoh masyarakat. Berikut daftar nama 9 orang panelis dalam debat publik Pilgub Sumut 2024:

– Dr. Nisful Khair, M.Ag.

– Dr. Hatta Ridho, MSP.

– Dadang Darmawan Pasaribu, S.Sos., M.Si.

– Prof. Dr. Hisarma Saragih, M.Hum.

– Dr. Mahmul Siregar, S.H., M.Hum.

– dr. Moammar Andar Roemare Siregar, M.D.

– Prof. Dr. Hasan Sazali, M.A.

– Assoc Prof. Dr. Mujahiddin, S.Sos, MSP.

– Dr. Zakaria Siregar, S.Sos., MSP.

Selanjutnya debat publik II akan berlangsung di Hotel Santika Dyandra pada 6 November 2024 dan debat III akan berlangsung di Hotel JW Marriot pada 13 November 2024. (berry/hm27)

Related Articles

Latest Articles