11.8 C
New York
Saturday, October 19, 2024

Dilema Pemko Siantar di Tengah Deadline Masa Tanggap Darurat Pasar Horas

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Masa tanggap darurat kedua yang dikeluarkan Pemko Pematangsiantar atas kebakaran Gedung IV Pasar Horas akan berakhir besok, pada Minggu (20/10/24).

Keputusan lokasi pemindahan para pedagang yang kini berjualan di ruas Jalan Merdeka harus segera ditentukan.

Sementara itu opsi yang disiapkan Pemko Pematangsiantar memindahkan pedagang ke eks Rumah Potong Hewan (RPH) Jalan Melanthon Siregar ditolak mentah-mentah. Padahal rancangan bangunan baru di lahan itu telah disiapkan.

Baca juga:Pemindahan ke Eks RPH Batal, Pedagang Pasar Horas Tetap Berjualan di Jalan Merdeka

Berdasarkan hasil pertemuan antara Pemko Pematangsiantar dengan pedagang Gedung IV Pasar Horas, pada Jumat (18/10/24) tercetus ide lokasi baru. Pemikiran itu datang dari seorang pedagang, A Siboro.

Siboro yang merupakan pedagang daging ini menyebut, mereka hanya bersedia jika dipindahkan ke Gedung I, II dan III Pasar Horas. Di gedung-gedung itu, kata dia, masih tersedia banyak kios yang selama ini tidak beroperasi.

Salah seorang pedagang Gedung II, M Sibarani membenarkan masih banyak kios yang tidak beroperasi, terlebih di lantai II. Namun kata dia, kios-kios tersebut bukan tak bertuan meskipun tidak pernah digunakan.

“Ada yang punya kios-kios itu. Karena tidak laku berjualan, makanya mereka pindah satu per satu sampai kosong melempang begitu,” kata Sibarani, pada Sabtu (19/10/24).

Baca juga:Soal Penyebab Pasar Horas Terbakar, Warga Sebut Ada Hal Tak Wajar

Diceritakan dia, sejak beberapa tahun lalu, lantai III di gedung tersebut dijadikan tempat bolos sekolah. Selain akses keluar masuk yang cukup banyak, petugas juga terkesan malas melakukan razia ke lokasi tersebut.

“Makanya bau pesing di lantai III itu, gak beraturan. Jadi tempat tidur anak jalanan dan segala macam,” ujar pedagang kain ini.

Dilanjutkan dia, beberapa penjahit yang berasal dari Gedung IV telah dipindahkan Pemko Pematangsiantar ke lantai III Gedung II. Memang, lanjut Sibarani, di lantai tersebut semula didominasi penjahit sementara lantai II pedagang kain.

“Pedagang di Gedung IV kan banyak berjualan daging, ikan laut dan ayam potong. Kurang cocok lah di Gedung II ini jualan yang seperti itu,” ucapnya.

Baca juga:Besok Pemko Panggil Pedagang Gedung IV Pasar Horas, Bahas Rencana Relokasi

Dia khawatir bau yang disebabkan jualan para pedagang itu menganggu pedagang yang lain. “Selama ini aja sudah sepi, ditambah lagi bau nanti, makin gak ada lah yang mau beli,” ungkapnya.

Sibarani pun sepakat agar Pemko Pematangsiantar menata kembali para pedagang di setiap lantai masing-masing gedung. Meski membutuhkan banyak waktu, langkah itu diharap bisa menjadikan Pasar Horas kembali rapi.

“Di lantai I memang susah banyak berjualan, nempel di kios-kios sampai jalan pembeli pun semakin sempit. Semrawut,” tukasnya. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles