12.5 C
New York
Saturday, October 19, 2024

Polda Sumut Pastikan Kamtibmas Kondusif Jelang Pelantikan Presiden RI Terpilih

Medan, MISTAR.ID

Kapolda Sumut, Irjen Whisnu Hermawan Febrianto memastikan ketertiban umum dan masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Sumatera Utara aman dan kondusif menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih pada Minggu 20 Oktober 2024, besok.

Whisnu menegaskan, Kepolisian Daerah Sumatera Utara dan Polres jajaran terus berkomitmen untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

“Kita terus mengintensifkan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) sebagai langkah preventif menjelang pelantikan Presiden yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta,” ujar Kapolda Sumut Irjen Whisnu Hermawan Febrianto, Sabtu (19/10/24).

Kata dia, meskipun situasi saat ini terpantau kondusif, Polda Sumut tidak mengendurkan upaya pengamanannya. Sedikitnya, 1.000 personel kepolisian diturunkan dengan dilengkapi kendaraan operasional untuk memastikan keamanan di seluruh wilayah Sumut.

Baca juga: Pelantikan Prabowo-Gibran, Polisi Siapkan 7 Skema Rekayasa Lalin

Menurut Whisnu, personel ini nantinya bertujuan untuk mengamankan aktivitas masyarakat, terutama dalam konteks pesta rakyat yang mungkin berlangsung.

Dia juga menegaskan, Polisi akan terus mengawal dan mengamankan setiap kegiatan masyarakat di wilayah Polda Sumut dan jajarannya.

Pengawasan dan pengamanan tidak hanya akan dilakukan pada hari pelantikan, tetapi juga sebelum dan sesudahnya.

Baca juga: Nilai Kurs Rupiah Menguat Menyambut Pelantikan Prabowo-Gibran

Dia juga menambah jika pihaknya telah mendirikan Posko K3I (Kendali Koordinasi Komunikasi dan Informasi) yang berada di Markas Polda Sumut.

Posko ini akan memanfaatkan lebih dari 300 titik kamera pemantau yang terhubung dengan Pemerintah Kota Medan untuk memantau situasi secara real-time.

Sementara untuk daerah, Kapolres di wilayah Sumut juga akan berperan aktif dalam memantau perkembangan situasi dari posko masing-masing dan melaporkan secara berkala kepada Kapolda. (matius/hm25)

Related Articles

Latest Articles