9.3 C
New York
Friday, October 18, 2024

Pelantikan Prabowo-Gibran, Polisi Siapkan 7 Skema Rekayasa Lalin

Jakarta, MISTAR.ID

Pada saat pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden, rekayasa lalu lintas (Lalin) akan diberlakukan di sekitar gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta Pusat.

Rekayasa Lalin, juga akan diberlakukan di sekitar Istana Negara hingga kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Demikian disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman. Ia juga menyebut ada tujuh skema lalin yang telah disiapkan.

“Rekayasa lalu lintas situasional,” kata Kombes Latif Usman dikutip mistar dari media detik, pada Jumat (18/10/24) malam.

Baca juga: Catat! 26 Kantong Parkir Saat Pesta Rakyat Pelantikan Prabowo-Gibran, ini Titiknya

Latif menyampaikan bahwa pihaknya juga berfokus mengamankan jalur yang akan dilalui Prabowo Subianto ataupun Joko Widodo (Jokowi) serta alur perjalanan tamu negara dan VVIP yang hadir dalam acara pelantikan.

“Yang kami sampaikan adalah nanti jalur kita amankan. Alur perjalanan tamu negara, dan beberapa venue itu ada di sektor HI, sektor Kuningan, dan sektor Senayan,” bebernya merinci.

Masih kata Latif, pihaknya juga mengamankan jalur perjalanan yang akan digunakan para anggota DPR menuju kantor DPR.

“Begitu juga perjalanan Bapak Presiden Jokowi menuju DPR, maupun nanti yang kita amankan perjalanan bapak presiden terpilih Pak Prabowo ke DPR, kita siapkan karena pasti akan menggunakan jalur Sudirman-Thamrin,” tuturnya.

Baca juga: Istana Siapkan 13 Titik Hiburan Rakyat, ini Jadwal Pelantikan Prabowo-Gibran

Saat itu, Latif tidak lupa meminta maaf kepada masyarakat jika nantinya rekayasa lalu lintas menimbulkan kemacetan. Untuk itu, ia juga mengimbau masyarakat mencari jalan alternatif dari rekayasa lalin tersebut.

“Tentunya nantinya akan ada beberapa pengalihan arus yang akan kita lakukan. Seperti di Harmoni, Patung Kuda, Bundaran HI, Semanggi, begitu juga di Bundaran Senayan. Inilah yang akan tentunya kita akan melihat betul jalur Sudirman-Thamrin,” tukasnya.

Berikut ini 7 skema rekayasa lalu lintas yang diterapkan di sekitar gedung MPR:

1. Arus lalu lintas dari arah traffic light (TL) Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto diputar balik di kolong sekat dua atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi.

Related Articles

Latest Articles