9.3 C
New York
Friday, October 18, 2024

Debat Perdana Paslon Bupati dan Wabup Deli Serdang Dihadiri 3 Guru Besar

Deli Serdang, MISTAR.ID

KPU Deli Serdang akan menggelar debat perdana bagi pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati di Hotel Thong Inn Kecamatan Beringin, Sabtu (19/10/24).

Sementara tema debat telah ditetapkan dan sudah disampaikan kepada masing-masing pihak Paslon.

Menurut keterangan Ketua KPU Deli Serdang, Relis Yanthi Panjaitan, tema debat tentang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah. Diambil dari PKPU 13, dari Juknis juga karena ada 6 bagian tema sebenarnya.

“Dari 6 tema yang ada di PKPU disebutkan ada tiga yang dipilih untuk tiga kali pelaksanaan debat. Debat perdana diikuti oleh para calon bupati dan debat kedua baru calon wakil bupati. Untuk debat ketiga  saling berpasangan,” ujarnya, Jumat (18/10/24).

Baca juga: Bawaslu Periksa ASN Inspektorat Deli Serdang Terkait Pilkada 2024

Ditambahkan Relis Yanthi Panjaitan, acara debat disiarkan secara langsung di TVRI pukul 19.00 WIB. Karena ruangan terbatas diatur untuk satu tim paslon masing-masing hanya 25 orang yang masuk termasuk paslon.

“Kita berharap debat calon ini, visi misi dapat disampaikan dengan baik,” lanjut Relis.

Dijelaskan Relis, durasi debat calon 180 menit termasuk tayangan iklan tivi. Untuk segmen pertama penyampaian visi dan misi.

Untuk segmen kedua dan ketiga ada penajaman visi dan misi karena ada pertanyaan dari panelis. Sedangkan untuk segmen 4 dan 5 penajaman antar paslon.

Baca juga: Kepala Inspektorat Deli Serdang Hardik Wartawan, Forwakum Sumut: Mengancam Kebebasan Pers

“Moderator ada 2 orang laki laki dan perempuan. Sedang panelis ada 5 paslon,” ungkap Relis.

Informasi diperoleh, para panelis di acara debat ini ada 5 orang yang dipilih.

Kelimanya, Prof Taufik Siregar dari Universitas Medan Area, Prof Hinsar Ambarita dari USU, Prof Dewi Nasution dari UMSU. Dua lagi, Hardensi dan Mulia Banurea, merupakan mantan Ketua KPU Sumut. (sembiring/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles