8.9 C
New York
Friday, October 18, 2024

Nilai Kurs Rupiah Menguat Menyambut Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta, MISTAR.ID

Penutupan perdagangan pada Jumat (18/10/24) diketahui nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap dolar AS menyambut pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pengumuman formasi kabinetnya.

Di penghujung perdagangan Jumat, Rupiah melonjak 26 poin atau 0,17 persen menjadi Rp15.481 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.507 per dolar AS.

“Sentimen dari kabinet Prabowo begitu positif dengan pasar ekuitas IHSG yang terus meningkat dan Rupiah yang menguat,” sebut analis mata uang Lukman Leong.

Baca juga:Sejumlah Kandidat Menteri Belum Bawa Kabar Baik untuk IHSG dan Rupiah

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal digelar tanggal 20 Oktober 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta sekira pukul 10.00 WIB.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menuturkan, susunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran bakal diumumkan ketika pelantikan presiden dan wakil presiden.

Pasar mendambakan Sri Mulyani kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu), sehingga dapat meneruskan kebijakan yang ada, maupun anggaran belanja negara yang efektif dan efisien.

Baca Juga : IHSG dan Rupiah di Zona Hijau Jelang Rilis Data Ekonomi AS

Penilaian lain datang dari China dengan data ekonomi Produk Domestik Bruto (PDB) yang lebih kuat dari prediksi menyokong penguatan rupiah di tengah dolar AS yang masih kuat. Hanya eskalasi konflik di Timur Tengah sedikit banyak menekan sentimen positif itu.

PDB Negeri Tirai Bambu tumbuh 4,6 persen dibanding perkiraan 4,5 persen year on year (yoy), produksi industri tumbuh 5,4 persen, penjualan ritel melonjak 3,2 persen, dan tingkat pengangguran naik 5,1 persen.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat (18/10/24) menanjak ke tingkatan Rp15.466 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.516 per dolar AS. (ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles