9.8 C
New York
Friday, October 18, 2024

Jokowi Purnatugas 20 Oktober 2024, Istana Siapkan Alphard AD 1 JKW

Jakarta, MISTAR.ID

Ternyata pihak Istana Kepresidenan telah mempersiapkan kendaraan mobil untuk digunakan mengantarkan Joko Widodo (Jokowi) ke Solo pasca purnatugas pada 20 Oktober 2024 nanti.

Kendaraan roda empat itu ada Alphard berplat nomor AD 1 JKW. Seperti disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), pada Jumat (18/10/24).

“Iya (Alphard hitam AD 1 JKW) untuk rencana Pak Presiden. Iya (untuk pulang lewat darat), sebelum apakah beliau lewat darat ataupun ke bandara kan perlu kendaraan juga mengantarkan ke sana,” tutur Ari.

Baca juga: Jelang Pelantikan Prabowo, Muncul Karanga Bunga untuk Jokowi

Mobil Alphard itu, tambah Ari, hanyalah salah satu opsi yang disiapkan untuk Jokowi, tergantung keinginan Jokowi pulang ke Solo, apakah melalui jalur darat atau menggunakan pesawat.

Ari menyebut ada beberapa kendaraan yang disiapkan untuk Jokowi yang akan pulang dari Istana. Hanya saja, ia tidak menjelaskan kendaraan apa saja yang dimaksud.

Namun menurutnya, pihak Istana juga sudah mempersiapkan opsi apabila Jokowi memilih pulang ke Solo menggunakan pesawat komersial.

Baca juga: Habis Tugas, Jokowi Pulang ke Solo Pakai Pesawat Komersil 20 Oktober

“Intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario, ya. Apakah beliau akan berkenan melalui darat atau melalui udara, pesawat komersilnya seperti apa, nanti akan di-update kepada teman-teman,” cecarnya.

Ari juga menyampaikan, Jokowi dan istrinya, Iriana Jokowi, akan tetap dikawal oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) setelah tidak menjabat.

“Setiap mantan kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yaitu Presiden dan mantan presiden itu memiliki aturan dalam pengawalan, dan itu sudah disiapkan,” tukasnya. (kpc/hm27).

Related Articles

Latest Articles