6.2 C
New York
Thursday, October 17, 2024

PPK Tebing Syahbandar Gelar Sosialisasi Pilkada pada Pemilih Pemula

Sergai, MISTAR.ID

Sejumlah pemilih pemula yang berusia 17 tahun mengikuti sosialisasi pemilu pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang digelar oleh KPU Sergai melalui Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) Tebing Syahbandar, Kab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) di Aula kantor Camat Tebing Syahbandar, Kamis (17/10/24).

Kegiatan sosial ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula untuk ikut memilih dan datang ke TPS pada pilkada yang akan diselenggarakan pada 27 November mendatang.

Ketua PPK, Edi Junaidi Girsang pada kesempatan ini berharap agar para pemilih atau masyarakat khususnya pemilih pemula agar antusias datang ke TPS (tempat pemungutan suara) untuk ikut memilih calon Gubernur Sumatera Utara dan Calon Bupati Serdang Bedagai dan jangan sampai ada yang Golput.

“Mari kita sukseskan pilkada 2024 ini. Ayo gunakan hak konstitusi kamu agar ikut memilih di TPS pada Pilkada 2024. Karena suara kamu menentukan nasib daerah kita lima tahun kedepan. Untuk itu jangan sampai Golput,” harapnya.

Baca juga: Pemkab Sergai Gelar High Level Meeting Bahas Deflasi

Usai harapan dari ketua, Esra Guntur Maradona Simarmata selaku Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM menjelaskan, Bahwa di kabupaten Sergai hanya memiliki calon Bupati dan Wakil Bupati tunggal.

Meski calon tunggal namun di TPS akan ada kotak kosong.

“Ayo kita semua nanti hadir di TPS. Jangan ada yang Golput. Pemilihan di Sergai nanti hanya calon tunggal. Namun meskipun calon tunggal kita semua harus hadir,” ucapnya.

Sementara itu, Defri Hutagalung selaku Divisi Teknis Penyelenggara mengingatkan kepada para peserta khususnya pemilih pemula agar datang ke dengan membawa C pemberitahuan yang diberikan oleh KPPS atau membawa KTP elektronik.

Dijelaskannya, untuk mengetahui dimana TPS tempat memilih, bisa diakses melalui DPT online dengan cara memasukkan nomor NIK KTP.

Baca juga: Ketua MUI Sergai: Pilkada Harus Bebas dari Money Politic

“Untuk mengetahui dimana nanti adik-adik memilih, bisa diakses melalui DPT online. Tolong nanti sampaikan kepada orang tuanya, kepada teman temannya kita akan mengadakan pesta yaitu pesta demokrasi. Untuk itu kita semua harus datang dalam pesta itu, mari kita berpartisipasi untuk ikut memilih di TPS,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan sesi tanya jawab. Bagi yang menjawab dengan benar pihak PPK memberikan hadiah berupa jam dinding dan botol minum yang berlogo KPU.

Diketahui, 10 Desa yang ada di Kecamatan Tebing Syahbandar jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 23.778, sedangkan jumlah TPS berjumlah 76 dan KPPS berjumlah 519 orang.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengurus PPK yakni Edi Junaidi Girsang Ketua, Esra Guntur Maradona Simarmata Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Tarri Suhendri Divisi Data, Defry Hutagalung Divisi Teknis Penyelenggara, Jalaludin Divisi Hukum dan Pengawas. (damanik/hm25)

Related Articles

Latest Articles