6.1 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Besok Pemko Panggil Pedagang Gedung IV Pasar Horas, Bahas Rencana Relokasi

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemko Pematangsiantar akan memanggil para pedagang Gedung IV Pasar Horas, pada Jumat (18/10/24) di Gedung Serbaguna perkantoran Wali Kota.

Pemanggilan itu membahas rencana relokasi para pedagang ke eks Rumah Potong Hewan (RPH), Jalan Melanthon Siregar.

Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ), Bolmen Silalahi mengungkapkan, besok akan diambil kesepakatan antara bertahan di lokasi sekarang atau bersedia pindah ke tempat baru.

Baca juga:Pedagang Gedung IV Pasar Horas Terganggu Parkiran, Kinerja Kadishub Dipertanyakan

“Memang betul seperti yang diberita mu itu, kalau ditelisik lebih jauh menang mereka gak mau pindah. Tetapi hal itu harus langsung disampaikan kepada Penjabat (Pjs) Wali Kota,” kata Bolmen, pada Kamis (17/10/24).

Dilanjutkan dia, kepastian lokasi harus ditentukan sebelum 24 Oktober 2024. Jika ratusan pedagang itu bersedia pindah, Pemko Pematangsiantar bakal menganggarkan biaya renovasi eks RPH.

“Jika tidak bersedia ya sudah mereka di Jalan Merdeka itu sampai Gedung IV diperbaiki,” ujarnya.

Sebab, lanjut Bolmen, menelisik dari sejumlah peraturan, masa tanggap darurat tidak memiliki batas waktu sampai situasi normal. Pun begitu pihaknya harus memastikan nasib para pedagang.

Baca juga:Pedagang Gedung IV Pasar Horas Tolak Direlokasi ke eks Rumah Potong Hewan

“Ya jelasnya kita hadir di tengah-tengah pedagang, masalah mereka mau atau tidak, itu kesepakatan bersama,” sambungnya.

Bolmen tak membantah alasan pedagang tidak bersedia pindah karena khawatir sepinya pembeli. Namun Pemko Pematangsiantar tidak bisa tinggal diam dan harus memikirkan solusinya.

“Kalau jadi pindah, jalur angkutan kota akan dialihkan ke sana. Jadi setiap angkutan kota harus melalui eks RPH itu, sebagaimana Pasar Horas saat ini,” jelasnya. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles