7.3 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Ini Hukuman FIFA Jika Bahrain Absen Lawan Timnas Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Apabila tak hadir melawan Timnas Indonesia di Jakarta pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, maka Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) terancam sanksi FIFA.

Pasca menjamu skuad Garuda pada Kamis (10/10/24) lalu, Bahrain diagendakan melakoni pertandingan tandang ke kandang Indonesia di Jakarta pada 25 Maret 2025 mendatang.

Namun baru-baru ini, BFA menyatakan tengah meminta persetujuan organisasi sepakbola dunia itu supaya tempat pertandingan lawan tim Merah Putih tak digelar di Indonesia.

Baca juga:Khawatir Keselamatan Tim, BFA Minta Lokasi Pertandingan Lawan Indonesia Dipindahkan

Pasalnya, BFA bimbang terhadap keselamatan pemain, usai adanya ancaman pembunuhan yang ditengarai bersumber dari netizen Tanah Air.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) lewat Arya Sinulingga sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) mengatakan laga melawan Bahrain bakal sesuai dengan rencana awal yakni di Indonesia. PSSI juga menegaskan akan menjamin keselamatan tim Bahrain.

Hanya saja jika ajuan terkait perpindahan tempat laga ditolak, plus Bahrain juga tidak dapat hadir dalam pertandingan, maka hukuman telah menanti mereka. Ini termaktub pada peraturan Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang diatur FIFA.

Sesuai aturan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Nomor 5 Ayat 2, masing-masing asosiasi yang absen dalam pertandingan pasca kualifikasi bergulir harus membayar denda sebesar 40 ribu Swiss Franc atau Rp714,8 juta.

Baca juga: Lupakan Bahrain, Ketum PSSI Minta Fokus ke China

Denda itu dapat bertambah berdasarkan Kode Disiplin FIFA Nomor 16 Ayat 1 yang menyatakan setiap asosiasi bakal menerima denda 10 ribu Swiss Franc atau Rp178,7 juta.

Sanksi denda itu bersifat mengikat dan terdapat kemungkinan pula bakal ada sanksi tambahan. Sesuai peraturan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Nomor 5 Ayat 3, Komite Disiplin FIFA berwenang memberi hukuman lebih berat bagi tim peserta yang melakukan pelanggaran. Akan tetapi tidak disebutkan lebih spesifik sanksi ekstra yang dimaksud.

Maka mau tidak mau Bahrain harus memenuhi jadwal laga menghadapi Timnas Indonesia. Karena cuma kondisi darurat atau force majeure yang memungkinkan laga tidak bergulir, hanya FIFA tak memberi hukuman.

Kini Bahrain berada di posisi keempat Grup C fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, dengan mengoleksi 5 angka. Sementara Timnas Indonesia menempati peringkat kelima Grup C dengan raihan 3 poin. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles