7.3 C
New York
Thursday, October 17, 2024

KPU Kunjungi Percetakan, Distribusi Surat Suara Sudah Mencapai 50 Persen

Jakarta, MISTAR.ID

Pendistribusian surat suara secara nasional untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 sudah mencapai 50 persen, bahkan ada yang lebih di beberapa daerah.

Seperti disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochamad Afifuddin usai berkunjung salah satu pabrik percetakan surat suara di Kota Surabaya, pada Kamis (17/10/24).

Ia juga menyampaikan, untuk pencetakan surat suara di sejumlah pabrik, seperti di Kota Surabaya dan Kabupaten Pasuruan, juga sudah berjalan di atas 60–70 persen sehingga sebagian sudah ada yang dikirim.

“Bahkan, khusus daerah terluar sudah ada yang dikirim hampir 100 persen,” katanya.

Baca juga: Surat Suara Pilkada Sumut Sudah Dicetak dan Akan Tiba Sepekan Lagi

Afifuddin mengungkapkan, bahwa pengecekan pencetakan surat suara dilakukan berkala oleh KPU untuk memastikan distribusi bisa segera bisa dilakukan.

“Kami datang langsung ke percetakan untuk memastikan semua yang dilakukan sudah sesuai dengan yang memang direncanakan, kualifikasi, dan semaksimal mungkin,” tuturnya.

Khusus wilayah yang pasangan calon berubah karena kondisi tertentu seperti yang meninggal, kata Afifuddin, KPU akan mengambil kebijakan-kebijakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Ada pun hal-hal yang berkait dengan situasi lanjutan, misalnya, di Papua Tengah yang salah satu calon wakil gubernurnya meninggal. Ini situasi lain, pasti nanti kami akan mengambil kebijakan-kebijakan sesuai dengan aturan,” terangnya.

Dalam kunjungannya ke Jawa Timur, Afifuddin mengecek dua lokasi yang memproduksi surat suara, yakni pabrik milik PT Antar Surya Jaya di Kota Surabaya dan PT Inpera Pratama Indonesia di Kabupaten Pasuruan.

Kedua perusahaan tersebut, adalah mitra KPU untuk memproduksi surat suara di sejumlah wilayah Indonesia seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Papua Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Timur. (ant/hm27)

Related Articles

Latest Articles