9.2 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Kenalkan Rukun Islam, 1.020 Pelajar PAUD Pematangsiantar Ikuti Manasik Haji

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sebanyak 1.020 pelajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 28 Raudhatul Athfal (RA) di Kota Pematangsiantar mengikuti kegiatan manasik haji yang dilaksanakan di Lapangan Universitas Simalungun (USI), Kamis (17/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan rukun Islam kelima, yakni ibadah haji, sejak dini kepada anak-anak.
Ketua Panitia, Hendra Purba, mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari upaya mengenalkan ibadah haji kepada anak-anak agar mereka memahami tata cara pelaksanaannya.
Baca juga:273 Calon Jemaah di Palas Ikuti Bimbingan Manasik Haji

“Kami berharap anak-anak dapat memahami dan mengenal haji sejak dini. Ada 1.020 pelajar dari 28 RA yang ikut serta, didampingi oleh 156 tenaga pendidik,” ujar Hendra saat ditemui di lokasi kegiatan.

Manasik haji ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Pematangsiantar. Dalam kegiatan ini, anak-anak diajak mempraktikkan tata cara pelaksanaan ibadah haji seperti tawaf, sai, dan wukuf di Arafah, yang dilakukan secara simbolis dengan alat peraga.

Selain sebagai ajang edukasi, kegiatan ini juga menjadi sarana bagi para pelajar untuk bersosialisasi dengan teman-teman dari sekolah lain dan melatih kebersamaan serta kedisiplinan.

Baca juga:Santri YP Islamiyah Al Amin Dapat Edukasi Manasik Haji di Miniatur Ka’bah

Salah satu orang tua peserta, Rini, mengungkapkan rasa bangganya melihat anaknya ikut serta dalam kegiatan ini. “Saya sangat mendukung acara seperti ini. Anak saya jadi lebih mengenal ibadah haji dan bisa belajar sambil bermain. Ini cara yang bagus untuk menanamkan nilai-nilai agama sejak dini,” katanya.

Kegiatan berlangsung dengan tertib dan meriah, diwarnai antusiasme dari para peserta yang mengenakan pakaian ihram layaknya jamaah haji sesungguhnya. Para orang tua yang hadir juga turut memberikan dukungan dan semangat bagi anak-anak mereka.(indra/hm17)

Related Articles

Latest Articles