9.2 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Fokus Tangani Kekerasan Perempuan dan Anak, Polrestabes Medan Bakal Bentuk Pelayanan Satu Atap

Medan, MISTAR.ID

Banyaknya kasus kekerasan terhadap anak yang belakangan terjadi di wilayah hukum Polrestabes Medan membuat Kapolrestabes Medan Kombes Gidion Arif Setyawan memberi perhatian khusus.

Selain fokus meminimalisir kejahatan jalanan (begal, jambret, geng motor) dan narkotika, Gidion juga bakal merancang suatu sistem khusus dalam penanganan terhadap kekerasan anak.

Komitmen itu nantinya bakal diwujudkan Polrestabes dalam penanganan satu atap perlindungan terhadap anak dan perempuan dengan melibatkan stakeholder (pemangku kepentingan) terkait, termasuk media/ wartawan sebagai penyampai informasi.

“Selain tindak kejahatan jalanan, kita juga konsen ke isu kekerasan terhadap anak dan perempuan. Nantinya kita akan buat pelayanan satu atap untuk perlindungan anak dengan melibatkan para pemangku kepentingan. Selama ini kita lihat sepertinya penanganan kekerasan terhadap anak dan perempuan berjalan sendiri-sendiri,” ujar Gidion, Kamis (17/10/24).

Baca Juga : Kapolrestabes Medan Resmi Dijabat Kombes Gideon

Gidion menjelaskan, untuk kekerasan terhadap anak, hal yang harus diperhatikan yakni pemulihan dan kondisi psikis anak. Sedangkan untuk para pelakunya harus ada pemberatan.

“Karena ke depan kita juga ingin mewujudkan Medan Kota Ramah Anak,” harap mantan Kapolresmetro Jakarta Utara itu.

Gidion juga menegaskan bahwa ia sebagai pucuk pimpinan di Polrestabes Medan tidak anti viral. Karena memang di era digital dengan serbuan arus informasi yang begitu masif, pola-pola penanganan kasus (menindaklanjuti laporan) warga tidak lagi harus mengarahkan warga atau korban untuk buat laporan terlebih dahulu.

Tapi bagaimana segera merespons apa yang dialami warga lewat saluran-saluran informasi yang tersedia, seperti media sosial (medsos) dan saluran informasi lainnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles