11 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Dilatih Hidup Mandiri, Ribuan Siswa SD di DIY Ikut Kemah Budaya di Prambanan

Yogyakarta, MISTAR.ID

Sebanyak 1.008 siswa SD Kanisius se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti Jambore Penggalang 106 Tahun Kanisius di Bumi Perkemahan Prambanan, Sleman, dari 16 hingga 18 Oktober 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Kanisius Cabang Yogyakarta dengan tujuan membentuk peserta didik yang Pancasilais, cerdas, dan berkarakter.

Ketua II Panitia Jambore, Kensi Jati Hananingrum, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab siswa. Selama tiga hari, anak-anak berkemah tanpa kehadiran orangtua, memberikan mereka kesempatan untuk belajar hidup mandiri.

Jambore bertema “Penggalang Kanisius Tak Gentar” ini tidak hanya fokus pada aspek kemandirian, tetapi juga membekali anak-anak dengan nilai kepemimpinan. Berbagai kegiatan bernuansa budaya, seperti defile menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, memperkenalkan siswa pada kekayaan budaya Indonesia.

Baca Juga : Lokasi Wisata Danau Laut Tador Batu Bara Jadi Bumi Perkemahan Pramuka

Yayasan Kanisius ingin menanamkan lima nilai dasar: kedisiplinan, keunggulan, kepedulian, kejujuran, dan kemerdekaan, agar anak-anak menjadi generasi aktif dan reflektif. Selama kemah, peserta dilarang membawa ponsel pintar untuk memastikan mereka fokus pada kegiatan.

Peserta berasal dari berbagai sekolah Kanisius di DIY, dan salah satu siswa, Orion dari SD Kanisius Sorowajan Bantul, merasa senang dapat berpartisipasi dalam pengalaman berharga ini, termasuk tidur di tenda dan belajar hidup mandiri. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles