6.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

Rokok Tanpa Cukai Dijual Murah di Kecamatan Galang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Rokok tanpa cukai semakin marak dan banyak beredar di Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang.

Penikmat rokok tanpa cukai mengaku harganya jauh lebih murah dari pada rokok bercukai.

“Rokok diduga ilegal tersebut bertuliskan Luffman, Smith dan Vivo. Beragam warna bungkusnya yang diperjualbelikan dengan harga jauh lebih murah ketimbang harga rokok legal yang mahal,” ujar Andi salah seorang warga Desa Timbang Deli Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, Rabu (16/10/24) sore.

Pria perokok berat itu mengaku aktif merokok rokok legal. Disebutkannya bahwa rokok tanpa cukai itu dapat dibeli di warung-warung di desanya juga seputaran Kelurahan Galang Kota.

Baca juga: Pesan Rokok Ilegal dari Pekanbaru, Warga Medan Johor ini Jadi Pesakitan

“Kemungkinan besar ada pemasok yang memasukkan rokok ilegal tersebut. Sudah marak dan semakin banyak tersebar. Gampang mendapatkannya. Harganya murah, bisa dibeli di warung-warung sekitaran Desa Timbang Deli maupun kelurahan Galang Kota bahkan di luar pun kemungkinan ada,” kata Andi.

Warga lain menuturkan, maraknya penjualan rokok tanpa cukai selain merugikan harga pasaran rokok legal juga bisa lebih merusak konsumen. Sebab tidak adanya pengawasan kadar kandungan nikotin dan tar setiap batang rokok.

“Gimana dengan rokok ilegal itu, kita gak tahu apa-apa saja campuran di dalam yang dibuatnya. Semakin berbahaya karena tidak ada pengawasan. Kalau bisa ditertibkan, jangan didiamkan. Apalagi semakin banyak pengguna rokok ilegal ini karena harganya sangat murah,” ucap Marlis, warga desa lainnya yang bertetangga dengan desa Andi tinggal. (sembiring/hm25)

Related Articles

Latest Articles