6.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

Hari Ketahanan Pangan, Pj Bupati Deli Serdang Tinjau Gerakan Pasar Murah

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Wiriya Alrahman meninjau Gerakan Pasar Murah (GPM) Deli Serdang yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Batang Kuis,Rabu (16/10/24).

Pada kegiatan yang diadakan untuk memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-44 Tahun 2024 itu, Kadis Ketahanan Pangan, TM Zaki Aufa menjelaskan, GPM dilakukan serentak di seluruh Indonesia selama satu hari

“Ini sebagai upaya memberikan kemudahan aksesibilitas pangan bagi masyarakat untuk memperoleh harga pangan yang terjangkau dan berkualitas,” kata Zaki.

Setelah peninjauan, Pj Bupati beserta rombongan melanjutkan kegiatan di SDN 106826 Sidodadi, Kecamatan Batang Kuis.

Baca juga: Polresta Deli Serdang Turunkan 280 Polisi di Bendungan Lau Sememe

Di sekolah tersebut, Pj Bupati Wiria memberikan susu dan telur kepada para siswa.

Wiriya Alrahman menjelaskan, diperingatinya Hari Pangan karena masih banyak sisi di dunia yang kekurangan pangan. Contohnya di Afrika dan di Palestina (akibat peperangan).

“Kalau sudah perang, maka pangan akan susah. Untuk itu, kita saat ini harus bersyukur. Saya minta anak-anak SD dan guru, agar pengetahuan pangan ini disampaikan ke orang tuanya. Sebab, protein dan gizi cukup untuk anak sangat penting dalam menyerap ilmu dari guru. Sehingga, daya ingat dan analis baik,” papar Wiriya.

Wiriya juga mengapresiasi suasana asri di SDN 106826 tersebut. “Ini banyak pepohonan,ini harus kita pertahankan dan rawat, sehingga peneduh dan memberi oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan otak kita. Kalau kurang oksigen bisa pingsan. Oksigen ini tak bayar. Nanti kalau sakit baru bayar. Silakan bermain di halaman sekolah di suasana asri ini,” tuturnya.

Baca juga: Pj Bupati Deli Serdang Serahkan 296 SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades

Sementara itu, Kepala SDN 106826, Iwan Sutomo menjelaskan, sekolah yang dipimpinnya itu sudah menerima penghargaan Adiwiyata nasional dan provinsi.

Iwan Sutomo juga merasa bangga dengan kehadiran Pj Bupati dan jajaran yang berkunjung ke sekolahnya itu.

“InsyaAllah sekolah ini akan berkembang dan membanggakan Kabupaten Deli Serdang,” papar Iwan Sutomo yang turut diamini Korwil SD Kecamatan Batang Kuis, Suwito.

Turut serta pada peninjauan GPM dan sekolah, Pj Sekda Deli Serdang,  H.Citra Effendi Capah, Kepala Dinas Pendidikan, Yudy Hilmawan,Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK), Janso Sipahutar dan Camat Batang Kuis, Romi Surya Dharma. (rinaldi/hm25)

Related Articles

Latest Articles