6.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

Bawaslu dan KPU Simalungun Awasi Pencetakan Surat Suara Pilkada 2024

Simalungun, MISTAR.ID

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Simalungun, Adillah Feruari Purba bersama beberapa staf dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap pencetakan surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024, pada Rabu (16/10/24).

“Pengawasan ini kita dilakukan guna memastikan pencetakan surat suara sesuai dengan regulasi, serta pendistribusian surat suara agar aman, rapi, dan terkunci hingga didistribusikan ke masing-masing daerah,” ujar Adillah.

Diketahui, pengecekan dan pengawasan yang dilakukan secara langsung itu berada di percetakan PT Gramedia Cikarang, Delta Silicon Industrial Park, Jalan Angsana Raya No 1 Blok A2 Sukaresmi, Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Baca juga:Surat Suara Pilkada Sumut Sudah Dicetak dan Akan Tiba Sepekan Lagi

Lanjut Adillah, pengawasan yang dilakukan merupakan langkah preventif untuk meminimalkan risiko terjadinya ketidaksesuaian atau kecurangan dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang jatuh pada tanggal 27 November 2024.

“Bawaslu Simalungun dengan tegas berkomitmen untuk menjaga integritas dan kredibilitas Pilkada. Juga memastikan bahwa setiap pemilih dapat menggunakan hak suaranya dengan aman dan adil,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Simalungun, Purba Diamanson Purba menyampaikan surat suara yang dicetakkan sebanyak 739.442 lembar.

Baca juga:185.269 Surat Suara Pilkada Siantar Dicetak

“Dicetak sebanyak 739.442 lembar dan stok untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) 2.000 lembar. Total surat suara yang dicetak sebanyak 741.442 lembar,” pungkasnya.

Pihak KPU Simalungun yang melakukan pengecekan surat suara yakni, Komisioner Eka Sri Nova Hasibuan, dan Nico Olyvin Aritonang, serta perwakilan Polres Simalungun. (hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles