8.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

4 Wakil Ketua Diumumkan, Posisi Ketua DPRD Sumut Menunggu Putusan DPP Golkar

Medan, MISTAR.ID

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) melakukan rapat paripurna guna menetapkan susunan fraksi dan calon pimpinan masa jabatan tahun 2024-2029.

Ketua Sementara DPRD Sumut, Muhammad Rahmaddian Shah mengatakan, ada 9 fraksi yang diumumkan pada rapat paripurna tersebut. “Jadi rapat paripurna tadi menetapkan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Sumut, ada 9 fraksi dan juga menetapkan pimpinan definitif pimpinan DPRD Sumut 2024-2029,” ujarnya, Rabu (16/10/24) siang.

Begitu pun, Wakil Ketua yang terpilih untuk disahkan juga sudah ditetapkan. Adapun keempat Wakil Ketua DPRD terpilih yakni Sutarto (PDI-Perjuangan), Ihwan Ritonga (Gerindra), Ricky Anthony (Nasdem), dan Salman Alfarisi (PKS).

“Ada 4 Wakil Ketua sudah definitif, dari gerindra, PDIP, Nasdem dan PKS,” ungkap Rahmaddian.

Baca Juga : Anggota DPRD Sumut Minta Seluruh Pihak Terkait Koordinasi Tangani Jalan Putus di Dairi

Sementara itu, untuk posisi Ketua DPRD Sumut, Golkar sebagai pemilik kursi terbanyak belum memutuskan sosok yang bakal menjadi pucuk pimpinan DPRD Sumut.

“Posisi Ketua masih belum, masih menunggu, dari Golkar belum diberikan suratnya dari DPP (Golkar). Mungkin secepatnya, kalau surat dari DPP sudah keluar, kita paripurna lagi untuk diumumkan,” tuturnya.

“Harapannya hari ini sudah terbentuk fraksi dan sebentar lagi pimpinan DPRD Sumut, kita bisa maksimalkan kerja DPRD untuk membangun Sumut yang lebih baik,” harapnya.

Politisi Partai Golkar tersebut juga mengatakan 4 Wakil Ketua terpilih akan diproses pengesahaannya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI). “Nanti hasil ini kita teruskan ke (Pj) Gubernur, lalu nanti ke Mendagri, disahkan Mendagri, baru tinggal pelantikan,” pungkasnya. (iqbal/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles