8.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

Jokowi Resmikan Dua Ruas Jalan Tol Trans Sumatera

Asahan, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan dua ruas jalan tol Trans Sumatera yakni ruas Indra Pura – Kisaran seksi 2 (Lima Puluh – Kisaran) dan Bayung Lencir – Tempino pada ruas jalan tol Betung – Jambi.

Peresmian tersebut dilakukan Jokowi yang didampingi menteri perhubungan Budi Karya Sumadi, di depan pintu tol Kisaran, di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) pada, Rabu (16/10/24) siang yang ditandai dengan pembunyian sirene.

“Banyak yang menyampaikan bahwa jalan tol itu yang membangun adalah swasta, anggarannya juga dari swasta. Yang betul adalah banyak jalan tol yang dibangun swasta, iya, dengan sistem investasi tetapi banyak juga jalan tol yang dibangun oleh BUMN kita dan juga banyak jalan tol yang dibangun dari anggaran APBN,” ujar Jokowi.

“Karena kalau jalan tol IRR-nya masih rendah, itu mau tidak mau APBN harus masuk,” ujar Jokowi.

Baca juga: Setelah 14 Hari, Tol Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak Masih Gratis

Adapun, dikatakannya pembangunan jalan tol Bayung Lencir – Tempino seksi 3 di provinsi Jambi yang sudah selesai dibangun sepanjang 34 kilometer menghabiskan anggaran Rp 5,6 Triliun dibangun tahun 2022 dan Indrapura – Kisaran yang dibangun sejak tahun 2018 dengan anggaran Rp 6,3 Triliun sepanjang 47,5 kilometer.

“Dengan adanya jalan tol utamanya Trans Sumatera ini kita harapkan adanya kecepatan dalam mobilitas orang, barang dan pengiriman distribusi logistik sehingga setiap daerah bisa bersaing dan daerah di lain,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, kedatangan Jokowi ke Kisaran yang beberapa hari lagi akan melepas jabatannya sebagai Presiden RI disambut oleh ribuan masyarakat yang antusias melihatnya.

Jokowi tiba menggunakan helikopter dan mendarat di stadion Mutiara Kisaran. Kemudian ia menggunakan mobil menuju pintu tol Kisaran bersama sejumlah pejabat. (perdana/hm20)

Related Articles

Latest Articles