8.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

UGM Peringkat Kedua di Indonesia, di Asia Tenggara dan Dunia Posisi Berapa?

Jakarta, MISTAR.ID

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih prestasi dengan masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik dunia versi Times Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) 2025.

UGM menduduki peringkat kedua di Indonesia setelah Universitas Indonesia dan berada di posisi ke-12 di Asia Tenggara.

Dalam skala internasional, UGM berada di rentang peringkat 1.201-1.500 dunia. Tujuh perguruan tinggi Indonesia lainnya juga berhasil masuk dalam kategori yang sama, termasuk Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Binus University, Universitas Sebelas Maret, dan Institut Teknologi Bandung.

Pemeringkatan THE WUR 2025 menggunakan beberapa indikator penilaian, diantaranya Teaching (29,50%), Research Environment (29%), Research Quality (30%), Industry Income (4%), dan International Outlook (7,50%).

Baca Juga : UGM Uji Salak Pondoh dan Jeruk Pamelo Jadi Obat Kanker Serviks

Rektor UGM, Ova Emilia, mengapresiasi hasil pemeringkatan yang menunjukkan peningkatan di beberapa indikator, terutama di Research Environment, Research Quality, dan Industry Income.

Skor Research Environment meningkat dari 19,8 menjadi 21,8, sementara Research Quality naik dari 21,7 menjadi 26,2. Meski skor Teaching tetap, Ova optimis bahwa upaya peningkatan kualitas riset dan pembelajaran akan terus dilakukan.

Hasil pemeringkatan ini menjadi motivasi bagi UGM untuk terus melakukan perbaikan dan berbenah secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles