7 C
New York
Tuesday, October 15, 2024

TNI Gelar Operasi Pengamanan Pelantikan Prabowo dan Gibran

Jakarta, MISTAR.ID

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menggelar operasi pengamanan Very-Very Important Person (VVIP) atau Tamu-Tamu Istimewa Penting (TTIP) acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Dan untuk itu, beberapa hari sebelum pelantikan digelar pada 20 Oktober 2024, para pasukan TNI mengikuti rangkaian persiapan yang mencakup apel gelar personel dan material di Lapangan Silang Monumen Nasional, Jakarta.

Selain itu, TNI melakukan simulasi taktik (TFG), dan geladi rangkaian baik untuk pejabat dan tamu negara. Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Hariyanto, pada Selasa (14/10/24).

Baca juga: Amankan Pelantikan Prabowo, Polri Gelar Gladi Bersih, TNI Kerahkan 3 Matra

Dalam rangkaian pengamanan tersebut, kata Kapuspen, apel gelar pasukan dan TFG dijadwalkan akan dilaksanakan di Lapangan Silang Monas, pada hari Kamis (17/10/24).

Sementara untuk geladi kotor pengamanan di lokasi acara pelantikan, yaitu di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, akan dilaksanakan pada hari Jumat (18/10/24), dan kemudian diikuti geladi bersih pada Sabtu (19/10/24).

Sebelumnya, Kapuspen menyampaikan bahwa dalam rangka pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, TNI akan mengerahkan pasukan dari tiga matranya yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. (ant/hm27)

Related Articles

Latest Articles