8 C
New York
Tuesday, October 15, 2024

Tingkatkan Pelayanan, Dinas SDABMBK Gelar Konsultasi Pelayanan Publik

Deli Serdang, MISTAR.ID

Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Deli Serdang gelar forum konsultasi pelayanan publik dengan kepala desa, dinas terkait, akademisi, media massa dan Unit Pelaksana Teknis di Aula II SDABMBK, Selasa (15/10/24).

Kepala Dinas SDABMBK Deli Serdang, Janso Sipahutar diwakili Sekretaris, Suparno saat membuka kegiatan tersebut meminta agar kegiatan yang dilakukan dapat bersosialisasi kepada masyarakat.

“Saat ini kita dituntut meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Untuk itu kita harus melakukan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kemudian memberikan standar pelayanan, sebab standar pelayanan merupakan tolak ukur. Tujuannya memberikan kualitas untuk mendapat kepercayaan masyarakat. Itu sebabnya kita lakukan konsultasi publik,” kata Suparmo.

Baca juga: Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan Sport Center dan Bendungan Lau Simeme di Deli Serdang

Kabag Organisasi Setdakab Deli Serdang diwakili Analisis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pelayanan Publik dan Tatalaksana, Vivi Andriani menjelaskan bahwa setiap pelayanan publik harus melibatkan masyarakat. Termasuk menerima masukan dan saran dari masyarakat. Sehingga kebijakan yang akan diambil penyelenggara layanan selaras dengan masyarakat.

“Penyelenggara juga harus membuat penanganan aduan dan sarana masukan.Baik itu secara langsung dengan maupun dalam bentuk surat,sehingga apa permasalah di tengah masyarakat bisa secepatnya ditangani,” papar Vivi.

Sementara Kabid Bina Marga, Agus Salim Lubis menambahkan untuk pembangunan jalan dan jembatan memang harus melengkapi beberapa berkas administrasi. Seperti surat permohonan dari desa/kecamatan, kemudian dilanjut tahap Musrenbang. Kemudian surat pernyataan pelepasan hak atas tanah dari desa untuk pembangunan.

“Setelah persyaratan itu dilengkapi maka kita akan melakukan survei lapangan. Kemudian tim survei melaporkan hasil kepada pimpinan,” tandas Agus Salim Lubis.

Turut menjadi pembicara, Kabid Sumberdaya Air Habibi Aswin. Pada forum itu juga dilakukan tanyajawab dan masukan dari para peserta yang diakhiri penandatangan pakta integritas. (rinaldi/hm25)

Related Articles

Latest Articles