12 C
New York
Monday, October 14, 2024

Pemkab Tapteng Terima Hibah Dua Menara Sirine Tsunami dari BMKG

Tapteng, MISTAR.ID

Pelaksana harian (Plh) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Erwin Hotmansah Harahap menerima hibah dua menara sirine tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kedua alat itu berada di Kecamatan Pandan dan Kecamatan Barus yang diserahkan langsung Kepala Balai Besar BMKG Wilayah 1 Hendro Nugroho di Ruang Rapat Garuda Kantor Bupati Tapteng, Senin (14/10/24).

Erwin Hotmansah Harahap mengatakan, menyambut baik dilaksanakannya hibah menara sirine tsunami milik BMKG ke Pemkab Tapteng karena merupakan untuk kepentingan hajat hidup orang banyak karena wilayah Tapteng berada di pinggir pantai dengan garis pantai hampir 200 kilometer.

“Dengan adanya sirine ini mudah-mudahan membantu Pemkab Tapteng dan masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih cepat lagi, sehingga bisa mempercepat untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan masyarakat apabila suatu ketika ada terjadi gempa dan tsunami,” sebut Erwin.

Baca juga: Jaga Stabilitas dan Harga Pangan, Pemkab Tapteng Gelar GPM

Di kesempatan itu, Sekda juga mengharapkan bimbingan dari pihak BMKG untuk membantu Pemkab dalam mengoperasikan dan melakukan maintenance menara sirine ini yang nantinya dikelola Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapteng.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah 1 Hendro Nugroho menjelaskan, sistem sirine tsunami di Indonesia atau Tsunami Early Warning System merupakan sistem peringatan dini terintegrasi yang dapat memberikan peringatan nada dan suara kepada masyarakat di lokasi terhadap bencana tsunami.

“Diharapkan dengan dihibahkannya sirine tsunami Pandan dan Barus ke Pemkab Tapteng dapat membawa dampak yang baik dan mampu meningkatkan kesiapsiagaan dan respon masyarakat terhadap ancaman tsunami,” harapnya.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab Tapteng, Kepala BPBD Tapteng, Sekretaris BPBD Tapteng, Kabid  Kesiapan BPBD Tapteng, Kabid Aset BPKPAD Tapteng, Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang, Kepala Stasiun Meteorologi Pinangsori, Mewakili Kepala Stasiun Meteorologi Aek Godang Beserta Jajaran BMKG. (feliks/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles