17 C
New York
Sunday, October 13, 2024

Komeng Protes Ditempatkan di Komite II DPD, Senator Jabar Heran

Jakarta, MISTAR.ID

Anggota DPD sesama Daerah Pemilihan Jawa Barat, Aanya Rina Casmayanti, mengaku heran dengan sikap Komeng karena memprotes penempatannya pada Komite II. Padahal, menurut Aanya, posisi Komeng sesuai dengan keputusannya sendiri. Bukan disebabkan unsur lain.

“Saya tidak tahu mengapa saat form pengajuan penetapan diserahkan ke sidang paripurna, Senator Komeng menginterupsi keputusan yang sudah ia buat,” kata Aanya pada Sabtu (12/10/2024).

Adapun lingkup tugas Komite II DPD antara lain meteorologi-klimatologi-geofisika, pertanian, perhubungan, ekonomi kerakyatan, kelautan, perkebunan, perikanan, energi, kehutanan, BUMN, industri, dan ketahanan pangan.

Baca juga:Resmi Dilantik Anggota DPD, Begini Komentar Komeng

Perlu diketahui, untuk menentukan Komite di DPD diatur pada Pasl 43ayat 2 Peraturan DPD RI Nomor 3 Tahun 2024 tentang Tata Tertib. Dalam aturan ini dituangkan bahwa setiap alat kelengkapan DPD ditentukan oleh kelompok anggota provinsi masing-masing. Sementara menurut Aanya, Komeng sendiri yang mengisi form surat pengajuan yang ditandatanganinya.

Sebelumnya, anggota DPD RI Alfiansyah Bustami atau Komeng mengaku bingung ditugaskan di Komite II DPD RI. Protes ini dilayangkan pada rapat paripurna DPD RI di Senayan, Jakarta pada Rabu (9/10/2024).

Dalam interupsinya, Komeng lalu menceritakan proses diskusi yang dilakukan bersama koleganya sesama anggota DPD RI dari dapil Jawa Barat sampai akhirnya berkeluh kesah mengenai penempatan dirinya di Komite II DPD RI.

Baca juga:Real Count, Komeng Raih Suara Tertinggi Sementara DPD Jabar

“Ini dapil saya di Jabar nih banyakan emak-emak, Pimpinan. Jadi tahu sendiri mulut emak-emak kan paling sakti di dunia,” kata Komeng.

Komeng mengatakan tak memahami bidang pertanian di Komite II DPD RI. Itu sebabnya dirinya berharap dapat bertugas pada komite yang membidangi seni budaya, yakni pada Komite III DPD RI.

“Nah saya ini sebenarnya komitenya ingin di seni budaya, tapi saya habis dijenggutin jadi saya masuk ke Komite II yang saya tidak memahami, tadi soal pertanian. Nah tadi kan Pimpinan bilang itu harus mempelajari cepat. Pimpinan bisa mengarahkan saya, saya harus belajar ke mana? Nah itu. Terima kasih, Pimpinan,” ujar Komeng.(detik/hm17)

Related Articles

Latest Articles