16 C
New York
Saturday, October 12, 2024

Alat Berat Tergelincir di Jalinsum Sidikalang -Dolok Sanggul Parbuluan Dairi

Dairi, MISTAR.ID

Satu unit alat berat (eskavator) dikabarkan tergelincir dan nyaris terguling-guling di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sidikalang-Dolok Sanggul di Dusun Pucuk Hite Desa Parbuluan IV Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi, Sabtu (12/10/24).

Dikatakan warga, alat berat tersebut sedang bekerja untuk menimbun jalan putus. Tiba-tiba alat berat tergelincir di longsor hingga terseret ke kedalaman kurang lebih 30 meter.

“Beruntung tidak berguling-guling. Sekarang alat berat masih berada di kedalaman 30 meter. Warga kini sedang berupaya mengeluarkan alat berat,” kata warga.

Sebelumnya diberitakan, alat berat didatangkan karena Jalinsum Sidikalang – Dolok Sanggul mengalami putus total akibat longsor di Dusun Pucuk Hite Desa Parbuluan IV, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi.

Baca juga: Jalinsum Sidikalang – Tigalingga – Kuta Buluh Tertimbun Longsor, Akses Masyarakat Lumpuh

Pengawas lapangan dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), Andi mengatakan, setelah melihat kondisi lapangan tidak ada solusi untuk membuat jalan alternatif karena struktur tanah tidak stlabil, sehingga penanganannya harus secara permanen.

“Untuk penanganan harus permanen segala faktor pendukung harus didukung anggaran yang memadai. Ya, kita ajukan di tahun 2025,” kata Andi.

Dia juga memastikan akses jalan itu sementara ditutup total, sambil menunggu hasil koordinasi BPJN.

Pantauan mistar.id di lapangan, jalan putus yang menghubungkan Sidikalang-Dolok Sanggul-Samosir amblas kurang lebih sepanjang 30 meter dan kedalaman 50 meter.

Selain itu, di sepanjang 1 kilometer terjadi puluhan titik longsor, pohon tumbang, tiang listrik roboh dan kabel tegangan tinggi PLN berserakan ke badan jalan. (manru/hm20)

Related Articles

Latest Articles