8.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

Soroti Maraknya Peredaran Rokok Ilegal, Pengamat Hukum: APH Harus Tindak Tegas

Medan, MISTAR.ID

Peredaran rokok ilegal akhir-akhir ini marak terjadi di Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Hal tersebut pun menuai sorotan dari berbagai kalangan, termasuk pengamat hukum.

Pengamat hukum, Redyanto Sidi Jambak, dari Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan meminta Aparat Penegak Hukum (APH) menindak tegas para pelaku peredaran rokok ilegal.

“Benar (APH harus tindak tegas pelaku peredaran rokok ilegal), itu kan kewajiban sesuai tupoksi dan Undang-Undang (UU). Yang harus dilakukan adalah penindakan (tegas) terhadap pelaku,” tegasnya saat dikonfirmasi Mistar melalui sambungan seluler, Jumat (11/10/24).

Redyanto pun meminta masyarakat untuk melaporkan ke APH apabila ada ditemukan peredaran rokok ilegal, supaya terbangun sinergitas antara masyarakat dengan APH dalam memberantas rokok ilegal.

“Mengimbau agar masyarakat tidak membeli dan jika mengetahui agar melaporkannya kepada APH. Indikasinya adalah jika yang terungkap sudah diproses dan dihukum mudah-mudahan APH bisa sinergi untuk itu,” sebutnya. (deddy/hm17)

Related Articles

Latest Articles