7.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

Badai Matahari Diperkirakan Akan Melanda Bumi, Waspada Jaringan Listrik

Jakarta, MISTAR.ID

Sebuah badai matahari yang muncul pada awal Oktober 2024 ini diperkirakan akan melanda bumi pada akhir pekan ini.

Badai yang disebut-sebut sebagai badai yang terkuat dibanding badai tahun 2017 lalu itu berpotensi menambah tekanan pada jaringan listrik.

Seperti di Amerika Serikat (AS), dimana jaringan listriknya yang sudah terganggu akibat sejumlah terjangan badai baru-baru ini di negara tersebut. Demikian laporan media Amerika.

Baca juga: Fenomena Langit Oktober 2024, Ada Gerhana Matahari Cincin Hingga Hujan Meteor

CBS News melaporkan, Badan Oseanik dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) mengeluarkan peringatan badai geomagnetik yang signifikan untuk Kamis (10/10) hingga Jumat (11/10/24) setelah terdeteksinya sebuah letusan Matahari pada awal pekan ini.

Peringatan dari Badan NOAA, badai matahari itu dapat menyebabkan gangguan sementara pada sistem listrik dan sinyal radio.

Badan itu dikabarkan sudah menyarankan operator jaringan listrik dan pengendali satelit untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Sementara para peramal cuaca tidak mengharapkan badai ini mencapai intensitas yang sama dengan kejadian sebelumnya pada Mei lalu, yakni badai Matahari terkuat dalam lebih dari dua dekade terakhir. (ant/cnn/hm27)

Related Articles

Latest Articles