11.5 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Pemkab Langkat Launching Kampung Zakat Reborn di Kelurahan Kwala Bingai

Langkat, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat terus berinovasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu langkah nyata tersebut diwujudkan melalui peluncuran Kampung Zakat Reborn (KZR) di Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, yang diresmikan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Langkat, Kamis (10/10/24).

Peluncuran dilakukan Plt Staf Ahli Bidang SDM, Sosial, dan Kemasyarakatan, H Syahrizal mewakili Pj Bupati Langkat H M Faisal Hasrimy.

Program ini merupakan bagian dari pemberdayaan ekonomi umat yang disalurkan oleh Kementerian Agama RI, dimana Kabupaten Langkat terpilih sebagai salah satu dari enam kabupaten/kota di Sumatera Utara yang menerima bantuan tersebut.

Sebanyak enam orang penerima manfaat (mustahik) dari Kelurahan Kwala Bingai diberikan modal usaha sebesar Rp3.000.000 per orang, sebagai bagian dari upaya memberdayakan ekonomi umat.

Baca Juga : Pemkab Langkat dan PLN Launching Program Listrik Masuk Sawah

Kepala Kantor Kemenag Langkat, H Ainul Aswad dalam sambutannya, berharap agar Kampung Zakat Reborn ini dapat berkembang dan tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Langkat.

“Dengan pengawasan yang ketat, kampung zakat diharapkan bisa menjadi kampung yang produktif, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara merata oleh masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, H Syahrizal menekankan pentingnya gerakan bersama untuk membangun ekonomi umat melalui pengelolaan yang transparan, akuntabel, dan tepat sasaran.

“Kampung zakat ini harus menjadi simbol kebersamaan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pemerintah Kabupaten Langkat dalam upaya pengentasan kemiskinan, yang menjadi salah satu program prioritas kami,” sebutnya. (endang/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles