15.4 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Google Hapus Kaspersky dari Play Store

Jakarta, MISTAR.ID

Google telah menghapus aplikasi keamanan Android Kaspersky dari Google Play Store dan menonaktifkan akun pengembang perusahaan asal Rusia itu.

Langkah ini mengikuti larangan pemerintah Amerika Serikat terhadap produk antivirus Kaspersky sejak 29 September 2024, yang berdampak pada ketersediaan aplikasi Kaspersky di beberapa negara, termasuk AS.

Selama seminggu terakhir, pengguna melaporkan bahwa produk Kaspersky tidak lagi tersedia di Google Play di AS dan sejumlah negara lainnya. Seorang staf Kaspersky mengonfirmasi di forum resmi perusahaan.

“Download dan update produk Kaspersky untuk sementara tidak tersedia di Google Play Store,” tulis staf, sebagaimana dikutip dari Bleepingcomputer, Kamis (10/10/24).

Baca juga: Hacker Tercanggih Versi Kaspersky Teridentifikasi Bidik Indonesia

Menanggapi ini, pihak Kaspersky sedang menyelidiki alasan dibalik penghapusan ini dan berusaha mencari solusi agar pengguna masih bisa mengunduh dan memperbarui aplikasi mereka dari Google Play.

“Kami yakin keputusan Google didasarkan pada interpretasi berlebihan atas pembatasan AS, yang tidak didukung oleh konfirmasi dari Departemen Perdagangan AS,” jelas perwakilan Kaspersky.

Untuk sementara, Kaspersky menyarankan pengguna untuk mengunduh aplikasi mereka melalui toko aplikasi alternatif seperti Galaxy Store, Huawei AppGallery, dan Xiaomi GetApps, atau langsung dari situs web resmi Kaspersky dengan mengunduh file instalasi .apk. (bc/hm20)

Related Articles

Latest Articles