11.9 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Hujan Lebat, Ribuan Rumah di Binjai Terendam Banjir

Binjai, MISTAR.ID

Ribuan rumah di Kota Binjai terendam banjir menyusul hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak Selasa (8/10/24) malam hingga menjelang subuh, Rabu (9/10/24). Banjir diketahui merendam sebagian besar kawasan pemukiman di daerah aliran sungai dan wilayah dataran rendah.

Kawasan pemukiman terdampak banjir paling parah mencakup enam Kelurahan dari tiga Kecamatan termasuk wilayah bantaran Sungai Bangkatan dan Sungai Mencirim.

Wilayah itu antara lain, Kelurahan Rambung Barat, Kelurahan Binjai Estate, dan Kelurahan Pujidadi di Kecamatan Binjai Selatan. Selanjutnya, Kelurahan Setia dan Kelurahan Kartini di Kecamatan Binjai Kota. Serta Kelurahan Mencirim di Kecamatan Binjai Timur.

Baca juga : Sungai Deli Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

Selain merendam ribuan rumah dan sejumlah fasilitas umum, erosi air sungai juga merusak lahan pertanian, merusak bangunan dan fasilitas umum.

Dedi Candra (46) salah seorang korban terdampak banjir luapan Sungai Bangkatan warga Kelurahan Rambung Barat Kecamatan Binjai Selatan mengatakan banjir kali ini menjadi yang terburuk sepanjang 2024.

“Air sungai sendiri mulai naik jam 10 malam. Puncaknya itu sekitar jam 12 atau jam 1 dini hari. Tapi sekarang ini Alhamdulillah sudah mulai surut,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles