11.6 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Curi Motor Sekitar 53 Kali, Modusnya Jual Senjata Sistem COD

Medan, MISTAR.ID

Kapolsek Medan Tembung, Kompol Jhonson M Sitompul bersama anggotanya berhasil mengungkap pelaku pencuri sepeda motor yang sudah bereaksi sekitar 53 kali di Kota Medan.

Hasil pengungkapan ini, dua pelaku yakni Nanda Syahputra alias Tolem (20) dan Aidil Syahputra alias Kelek (21), ditembak polisi karena mencoba melawan petugas.

Kapolsek Medan Tembung, Kompol Jhonson M Sitompul mengatakan, kedua pelaku yang tinggal di Desa Tembung itu diamankan perihal pencurian sepeda motor Nmax BK 3924 AJV milik Alfarizy.

Keduanya mencuri sepeda motor, kata Kapolsek Medan Tembung, Kompol Jhonson M Sitompul, menggunakan modus dengan menjual senjata tajam sistem COD (Cash on Delivery) atau bayar di tempat. Aksinya ini pun diketahui telah dilakukan puluhan kali.

Baca juga:Dua Penjual Senjata Modus COD Ditembak Polisi Usai Curi Motor

“Dari hasil penyelidikan dan hasil pengakuan pelaku, Kelek sudah melakukan perbuatannya sekitar 53 kali. Untuk pelaku Tolem berdasarkan pengakuannya sudah melakukan aksi serupa sebanyak 20 kali,” ungkapnya.

Jhonson pun mengakui kelihaian keduanya sehingga petugas sulit melakukan penangkapan.

“Karena pelaku ini sudah cukup mahir melakukan aksinya. Tentunya meski kami meyakini dia tidak pergi kemana-mana, tapi dia sangat jeli untuk mengantisipasi perbuatannya terhadap petugas. Sehingga mungkin pada saat itu, hasil  koordinasi yang baik, penyelidikan yang fokus, pelaku ini berhasil diamankan,” lanjutnya.

Setiap menjalankan aksinya, kedua pelaku selalu melakukan modus yang sama. Setelah bersepakat untuk bertemu dengan calon korban, keduanya bersama puluhan rekannya menakut-nakuti korban menggunakan senjata tajam.

Baca juga:Pemilik Toko Pakaian di Medan Dianiaya Pelaku Pungli

Jhonson pun menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan kasus tersebut untuk menangkap para pelaku lain.

“Modusnya sama, melakukan COD. Mereka datang ramai-ramai sekitar 20 orang menakut-nakuti korban. Untuk pelaku lain akan terus kita buru,” katanya.

Kedua pelaku pun mengaku menjual sepeda motor hasil kejahatannya ke kawasan Jermal XV. Tanpa sungkan, pelaku Nanda Syahputra alias Tolem membeberkan harga setiap penjualan sepeda motor yang berhasil dicurinya.

“Kalau NMAX Rp 6 juta. Kalau Varia Rp 4,8 juta,” ucapnya saat ditanyai mistar.(putra/hm17)

Related Articles

Latest Articles