14.3 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Sungai Belumai Tanjung Morawa Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam

Deli Serdang, MISTAR.ID

Ratusan rumah warga di Dusun VII Desa Dalu X A dan Desa Dalu X B Kecamatan Tanjung Morawa, serta Dusun I Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang terendam banjir, pada Selasa (8/10/24) malam.

Banjir besar dengan ketinggian hampir 1 meter terjadi akibat luapan Sungai Belumai yang masuk ke saluran irigasi di Dusun VII Desa Dalu X A hingga meluap dan dibuka oleh penjaga pintu. Akhirnya air merendam ratusan rumah warga.

Banjir yang datangnya secara tiba-tiba tersebut mengakibatkan warga panik, dan menyelamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi. Ini setelah menyelamatkan perabotan dan barang barang di dalam rumah agar tidak terendam air.

Baca juga:Sungai di Batang Kuis Meluap, Rumah Warga Terendam Banjir

“Kita menjadi langganan banjir tahunan, rusak semua perabotan. Kita minta pemerintah menutup kembali benteng sungai yang dijebol agar banjir tak lagi merendam rumah kami. Dulu tidak pernah banjir disini,” kata salah seorang warga, Rusman, pada Rabu (9/10/24) siang.

Kini air sudah mulai berangsur surut. Namun banjir menyisakan lumpur dan kerusakan barang perabotan. Warga juga sudah mulai membersihkan rumah mereka dari lumpur banjir yang tertinggal di dalam rumah. (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles