14.3 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Ribuan Warga Selamatkan Diri saat Badai Milton Menerjang Florida

Florida, MISTAR.ID

Ribuan warga Florida bergegas mengungsi setelah Badai Milton menerjang Pantai Teluk pada Selasa (8/10/24) kemarin. Kemacetan parah terjadi di jalan-jalan, dan banyak pom bensin kehabisan bahan bakar.

Badai Milton yang merupakan badai ketiga terkuat yang tercatat di Samudra Atlantik, dengan cepat berubah dari badai tropis menjadi kategori 5 dalam waktu satu hari, dengan kecepatan angin mencapai 157 mph.

Diperkirakan badai ini akan mencapai kawasan pantai barat Florida pada Rabu (9/10/24) atau Kamis (10/10/24), mengancam jutaan penduduk, terutama di Teluk Tampa, yang baru saja mengalami dampak Badai Helene.

Baca Juga : Terekam Badai Milton Ibarat Monster Raksasa dari Angkasa

Wali Kota Tampa, Jane Castor, mengingatkan warganya tentang bahaya yang dihadapi. “Jika Anda tetap berada di area evakuasi, Anda tidak akan selamat,” katanya.

Menurut Pusat Badai Nasional AS, Milton membawa angin dengan kecepatan 270 km/jam. Mata badai diprediksi berada 710 km barat daya Tampa pada pukul 19.00 waktu setempat, bergerak ke timur laut dengan kecepatan 17 km/jam.

Badan tersebut memperingatkan bahwa kekuatan angin Milton akan meluas saat mendekati Florida. Presiden AS Joe Biden telah menunda perjalanan dinasnya untuk memantau situasi dan mendesak warga yang diperintahkan evakuasi untuk segera pergi demi keselamatan mereka. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles