17.2 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Apple Belum Setor Rp240 Miliar, iPhone 16 Terancam Gagal Masuk Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Peluncuran iPhone 16 Series di Indonesia terancam gagal karena Apple belum memenuhi persyaratan perpanjangan sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang menyatakan bahwa masa berlaku sertifikat TKDN Apple telah habis.

Apple juga belum mematuhi komitmen investasinya di Indonesia, yang menjadi syarat untuk perpanjangan sertifikat. Hingga saat ini, realisasi investasi Apple baru mencapai Rp1,48 triliun, sedangkan komitmen yang telah disepakati dengan pemerintah adalah Rp1,71 triliun.

Ini berarti masih ada kekurangan sekitar Rp240 miliar. Dalam Rapat Kerja seluruh Kementerian/Lembaga dan Badan Usaha anggota Pokja Tim Nasional Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Agus menekankan bahwa pemerintah sedang menunggu tambahan realisasi investasi dari Apple.

“Saat ini proses perpanjangan sertifikat TKDN tersebut masih menunggu tambahan realisasi investasi dari Apple, karena realisasi investasi Apple baru tercatat Rp1,48 triliun, relatif kecil dibanding produk-produk yang mereka datangkan ke Indonesia,” ujar Agus, dikutip dari CNBC, Rabu (9/10/24).

Baca juga: Reseller Apple Belum Bisa Pastikan Kapan iPhone 16 Masuk Indonesia

Pemerintah Indonesia menginginkan Apple agar tidak hanya berinvestasi dalam bentuk akademi, tetapi juga membangun fasilitas riset di dalam negeri.

“Jika komitmen investasi tersebut direalisasikan, investasi Rp240 miliar tadi saya diminta oleh Pak Odo agar dibicarakan dengan Apple jangan hanya membentuk akademi, jangan hanya bentuk sekolah karena Indonesia mampu bentuk sekolah tapi kita dorong Apple untuk set up RnD di Indonesia,” tutur Agus lagi.

Pemenuhan komitmen investasi ini akan memungkinkan Apple untuk mendapatkan nilai TKDN sebesar 40 persen. Dengan nilai tersebut, iPhone 16 Series dan produk Apple lainnya yang menggunakan jaringan seluler dapat masuk ke pasar Indonesia.

“Once mereka memegang komitmen itu, kita akan keluarkan izin untuk mereka jual iPhone 16. Ini semuanya atas dasar fairness dan keadilan bagi para investor yang sudah punya komitmen tinggi untuk tanamkan modal di Indonesia,” tambah Agus.

Menurutnya, realisasi investasi ini penting untuk menciptakan lapangan kerja dan membangun SDM industri yang tangguh di Indonesia.

Baca juga: Layar iPhone 16 Diklaim Bermasalah

“Apalagi yang Indonesia butuhkan ujung-ujungnya adalah penciptaan lapangan kerja. Ini sangat ideal mereka investasi atau bangun fasilitas produksi pabrik-pabrik atau upaya kita membangun SDM industri yang tangguh,” imbuhnya.

Jika melihat pola peluncuran iPhone 15 Series pada tahun 2023, Apple mendapatkan sertifikasi TKDN pada 26 September dan mulai menjual iPhone 15 Series di Indonesia pada 27 Oktober 2023, sekitar satu bulan setelah memperoleh sertifikasi.

Sejauh ini, para reseller resmi iPhone di Indonesia juga belum memberikan pengumuman terkait peluncuran iPhone 16 Series. (cnbc/hm20)

Related Articles

Latest Articles