12.1 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Jokowi Akan Hadiri Pelantikan Prabowo, Pisah Sambut di Istana Merdeka

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Jokowi akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, yang akan digelar di Gedung DPR/MPR, pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Usai menghadiri acara pelantikan tersebut, Jokowi juga akan ke Istana Merdeka Jakarta terlebih dahulu untuk mempersiapkan acara penyambutan Prabowo sebagai Presiden RI.

Kehadiran Jokowi yang juga akan mempersiapkan acara pisah sambut itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Selasa (8/10/24).

Baca juga: Jokowi Ingin Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo

“Nah, karena pak Presiden nanti acaranya pisah sambut, jadi setelah pelantikan di DPR rencananya presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka, nanti pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut,” ujarnya.

Acara pisah sambut presiden lama dengan presiden baru, kata Pratikno, adalah merupakan tradisi yang dilakukan selama ini.

“Ada acara pisah sambut di Istana Merdeka setelah pelantikan itu kan juga tradisi yang selama ini terjadi,” ungkapnya.

Sejumlah kepala negara direncanakan hadir dalam acara pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden nantinya. Meski begitu, lanjut Pratikno, tidak ada kegiatan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan kepala negara yang hadir tersebut sebelum pelantikan. (trb/hm27)

Related Articles

Latest Articles