13.2 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Dua Ilmuwan AS Raih Hadiah Nobel Kedokteran 2024

Amerika Serikat, MISTAR.ID

Victor Ambros dan Gary Ruvkun, dua ilmuwan asal Amerika Serikat, dianugerahi hadiah Nobel bidang Kedokteran 2024, Senin (8/10/24). Hadiah ini diberikan berkat kontribusi mereka dalam penemuan MicroRNA, yang membantu organisme multiseluler, termasuk manusia, dalam pertumbuhan dan kehidupan.

Majelis Nobel AS menyatakan bahwa penemuan inovatif mereka mengungkap prinsip baru dalam regulasi gen yang sangat penting bagi organisme multiseluler.

Ambros dalam pernyataannya dilansir, Selasa (8/10/24), menjelaskan MicroRNA berfungsi sebagai jaringan komunikasi antarsel dalam tubuh manusia, mengatur berbagai organ penting.

Baca Juga : Peraih Nobel Muhammad Yunus Ditunjuk Jadi PM Sementara di Bangladesh

Ruvkun, yang juga telah lama bekerja sama dengan Ambros, merasa terhormat dengan penghargaan ini, mengibaratkan Nobel sebagai “pertunjukan terbesar.”

Keduanya adalah profesor di universitas terkemuka di AS, dengan Ambros di University of Massachusetts dan Ruvkun di Harvard University. Penelitian awal mereka pada akhir 1980-an menggunakan cacing gelang menunjukkan peran penting MicroRNA dalam pertumbuhan sel. Keduanya sebelumnya juga meraih Nobel Kedokteran pada tahun 2002 untuk riset serupa. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles