13.2 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Tingkatkan Literasi Keagamaan di SMKN 1 Siantar Melalui Maulid Nabi Muhammad 1446 H   

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Siantar, Kabupaten Simalungun, menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M di Gedung MUI Simalungun, Jalan Asahan KM 4, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (8/10/24).

Acara dengan mengusung tema “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Keagamaan Untuk Menyongsong Era Digital” dihadiri kepala sekolah, mewakili kepala cabang dinas wilayah VI Mukhtar Marbun, guru, pegawai, komite sekolah serta diikuti ratusan siswa-siswi berlangsung penuh hikmat.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, kata sambutan dan dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh Ustadz Muhammad Ilham Ramadhan.

Baca juga: Berlomba-lomba Calon Pemimpin Kota Pematangsiantar Langgar Pemasangan APK Pilkada 2024

Kepala SMKN 1 Siantar, M. Syahrizal Damanik  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Syahrizal mengatakan, kegiatan tersebut adalah untuk membentuk karakter religius bagi setiap peserta didik dan meneladani akhlak mulia dari baginda Rasulullah. Berharap kepada para siswa agar bisa mencontoh perilaku Nabi Muhammad SAW.

“Kegiatan peringatan Maulid Nabi ini kita adakan setiap tahun sebagai salah satu upaya pembentukan karakter religius bagi anak didik,” kata Syahrizal.

Ia menambahkan, adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah membentuk karakter anak-anak untuk membentengi di era globalisasi agar anak didik aktif dalam kegiatan hal-hal yang positif.

Baca juga: Pjs Wali Kota Pematangsiantar Ingatkan Persiapan OPD di 7 Program Presiden Terpilih

“Kegiatan ini juga menunjang program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang merupakan profil Pancasila Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang memiliki dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia menuju generasi emas 2045,” ungkapnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu mendengarkan ceramah maulid Nabi Muhammad SAW oleh Ustadz Muhammad Ilham Ramadhan. Dalam ceramahnya, diharapkan siswa mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Akhlak Rosululloh sudah memberikan keteladanan kepada kita,  contoh akhlak yang baik, kita hanya meniru dan mencontoh apabila tidak bisa kita harus terus berusaha,” ujarnya. (yetty/hm25)

Related Articles

Latest Articles