17.7 C
New York
Monday, October 7, 2024

Google Luncurkan Tiga Fitur Anti Maling Ponsel, Simak Cara Kerjanya

Jakarta, MISTAR.ID

Google meluncurkan tiga fitur anti-maling bagi pengguna ponsel berbasis sistem operasi Android. Ketiga fitur terdiri dari Theft Detection Lock, Offline Device Lock dan Remote Lock.

Ketiga fitur tersebut dapat dimanfaatkan pengguna untuk mengunci perangkat mereka dengan cepat, apabila perangkat tersebut dicuri. Setelah dikunci, maka informasi yang ada di dalam ponsel tidaka akan dapat diakses.

Berdasarkan laporan Engadget, dua fitur pertama anti-maling ini telah hadir pada ponsel Xiaomi 14T Pro dan beberapa model Google Pixel.

Perusahaan mengeklaim ketiga fitur yang diperkenalkan Google sejak Mei 2024 tersebut, hadir untuk menjaga keamanan perangkat pengguna.

“Untuk membantu menjaga keamanan perangkat dan data Anda sebelum, selama, dan setelah upaya pencurian, kami memperkenalkan serangkaian fitur perlindungan pencurian canggih yang baru,” kata perusahaan dalam blog resminya, dikutip Senin (7/10/24).

Baca juga:Google Doodle Hari Ini Tampilkan Maestro Lagu Anak, AT Mahmud

Google mengungkap fitur-fitur baru tersebut akan meluncur secara massal melalui pembaruan layanan Google Play pada akhir tahun ini. Fitur-fitur ini akan tersedia bagi pengguna smartphone dengan sistem operasi Android 10 ke atas, dan beberapa fitur yang tersedia di Android 15.

Fitur Detection Lock bakal berfungsi langsung ketika ponsel dijambret. Kemudian fitur yang menggunakan Google AI tersebut akan mengetahui jika seseorang merampas ponsel pengguna. Dalam skenario seperti itu, fitur ini akan mengunci layar ponsel.

Kemudian, Offline Device Lock mampu mengunci layar secara otomatis setelah sambungan internet diputus pencuri dari telepon. Fitur itu memungkinkan pengguna mengunci ponsel dari jarak jauh dengan Google Find My Device.

Sementara, fitur Remote Lock memungkinkan pengguna mengunci ponselnya yang dicuri dari jarak jauh, bahkan tanpa harus menggunakan password akun Google. Untuk mengaktifkannya hanya perlu untuk ini nomor telepon serta pengujian keamanan singkat menggunakan perangkat apapun.(mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles