18.5 C
New York
Monday, October 7, 2024

Prabowo Masih Kaji Keppres Pemindahan Ibukota ke IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Terpilih Prabowo Subianto masih melakukan kajian terhadap Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pasalnya, saat ini Prabowo masih sibuk untuk menyusun dan mengkaji Keppres kementerian-kementerian yang sebentar lagi sudah akan diumumkan, dan dilantik.

Demikian disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, pada Senin (7/10/24). Dasco mengatakan, Keppres IKN pasti akan ditandatangani oleh Prabowo setelah dilantik sebagai Presiden RI.

Sebelumnya, pada Minggu (6/10/24) Presiden Jokowi mengatakan, Keppres IKN sepatutnya diteken oleh Presiden terpilih Prabowo, ketika segala hal terkait kesiapan di ibu kota baru sudah terpenuhi.

“Ya mestinya gitu, Presiden baru, Prabowo (yang menandatangani),” ungkap Jokowi usai membuka Nusantara TNI Fun Run di IKN, Kalimantan Timur.

Baca juga: Jokowi Akan Hadiri Nusantara TNI Fun Run di IKN

Jokowi sebelumnya juga mengaku tidak dapat memutuskan keputusan-keputusan strategis di penghujung masa jabatan yang tersisa dua pekan lagi. Tapi terkait Keppres IKN ini juga menyangkut kesiapan di ibu kota.

“Sekali lagi saya sampaikan, memindahkan ibu kota itu tidak hanya urusan fisik, tetapi membangun ekosistemnya itu yang perlu, dan ekosistem itu harus jadi,” ujarnya.

Penciptaan ekosistem itu, lanjut Jokowi, bisa dilakukan dengan membangun sejumlah infrastruktur pendukung di ibu kota, termasuk pembangunan seperti rumah sakit, sarana pendidikan di seluruh tingkatan, pusat keramaian seperti warung ataupun kafe, hingga urusan logistik.

“Semuanya butuh waktu. Pindah rumah saja ruwetnya kayak gitu, ini pindah ibu kota,” katannya. (tpc/hm27)

Related Articles

Latest Articles