18.5 C
New York
Monday, October 7, 2024

Bawaslu Binjai Launching Indeks Kerawanan Pemilihan Serentak 2024

Binjai, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai menggelar acara sosialisasi pengawasan dan launching indeks kerawanan pemilihan serentak tahun 2024, Senin (6/10/24) siang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pengawasan serta mewujudkan pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2024 yang aman dan damai.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Binjai, Muhammad Yusuf Habibi serta diikuti unsur Forkopimda, organisasi mahasiswa dan perwakilan partai politik (parpol). Acara ditandai dengan pemukulan gong sebagai tanda simbolis acara resmi dibuka.

Ketua Bawaslu Kota Binjai, Muhammad Yusuf Habibi menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka mewujudkan pelaksanaan penyelenggara pemilihan serentak tahun 2024 yang berintegritas di wilayah Kota Binjai.

Baca Juga : Donal Anjar Simanjuntak-Andri Alfisah Deklarasi Maju Pilkada Binjai 2024

Dia juga menyampaikan indeks pemetaan kerawanan yang nantinya dapat digunakan stakeholder terkait untuk melihat kerawanan pemilihan secara bersama-sama.

Habibi mengatakan, launching indeks kerawanan menjadi simbolis bahwa unsur elemen dan masyarakat mampu memetakan kerawanan dan juga bisa menjadi bahan diskusi pihanya untuk meminimlisir segala bentuk kerawanan yang berpotensi terjadi.

Oleh sebab itu, Habibi meyakini melalui kerjasama ini proses Pilkada 2024 di Kota Binjai akan berjalan lancar aman dan sukses. “Harapan kita bahwa pemilihan ini berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil,” harapnya. (endang/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles