18.4 C
New York
Monday, October 7, 2024

Menjelang Akhir Tahun, Harga Emas Berpotensi Menguat Lagi

Jakarta, MISTAR.ID

Harga emas masih berpotensi menguat hingga 10 persen pada akhir 2024. Bahkan, beberapa riset menunjukkan bahwa logam mulia itu akan kembali mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah (all time high/ATH) pada akhir 2024 hingga awal 2025.

Perencana keuangan, Aliyah Natasya meyakini harga emas akan naik pada akhir 2024, meski tidak setinggi reli pada semester I-2024 yang mencapai sekitar Rp1,5 juta. Hal itu lantaran masih tingginya utang-utang negara akibat pemulihan ekonomi pasca covid.

Dia mengklaim sejumlah negara seperti Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan terus melakukan dedolarisasi. Dijelaskannya, negara-negara tersebut ingin mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS yang disebabkan oleh tingginya utang dan juga quantitative easing.

Baca juga : Sepekan Terakhir, Kinerja Mata Uang Rupiah Menguat

“Jadi saya melihat, ini banyak yang bilang di beberapa report and research, this is a new beginning. Jadi saya masih berpikir kalau potensi kenaikannya mungkin ada di 5 persen atau 10 persen sampai akhir tahun nanti,” ujar Aliyah saat acara Media Gathering Cerdas Berinvestasi Emas oleh BCA Syariah di Al Jazeerah Signature Restaurant, Jakarta Pusat, Senin (7/10/24).

Merujuk laporan riset dari India yang meyakini bahwa, lanjutnya, harga emas dunia akan kembali naik mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah pada kuartal VI-2024 hingga kuartal I-2025 mendatang, terutama pada musim liburan.

“Kalau reli atau enggak, karena bank-bank sentral di negara-negara lain sudah mulai mengakumulasi. Kita juga akan melihat potensi dari negara-negara mana lagi yang akan nyusul melakukan pembelian emas secara jumlah yang sangat besar,” imbuhnya.

Related Articles

Latest Articles